androidvodic.com

Kementerian Tenaga Kerja Sebut KPK Geledah Ruangan Unit Pekerja Migran Indonesia - News

Laporan Wartawan News, Ilham Rian Pratama

News, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) membenarkan adanya penggeledahan oleh tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (18/8/2023) ini.

Penggeledahan disebut menyasar ke ruangan unit Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Kepala Humas Kemnaker Chairul Fadly mengatakan, ruangan itu berada di lantai 4 Gedung A Kemnaker di Jalan Gatot Subroto Nomor 51, Jakarta Selatan.

"Hari ini saya mau informasikan memang Kemnaker hari ini kedatangan dari teman-teman KPK, tepatnya siang menuju sore tadi, namun tepatnya pada prinsipnya beliau atau mereka datang ke salah satu unit di Kemnaker yang membidangi Pekerja Migran Indonesia. Kalau dulu kita kenal direktoratnya PT KLN," kata Chairul saat dijumpai awak media di Gedung Kemnaker, Jakarta Selatan, Jumat (18/8/2023) malam.

Chairul mengeklaim tim KPK tidak membawa barang bukti apapun dari penggeledahan hari ini.

Baca juga: BREAKING NEWS KPK Geledah Gedung Kementerian Ketenagakerjaan

Dia menyebut penggeledahan rampung pada waktu sore.

Katanya, penggeledahan berlangsung selama hampir dua jam.

"Saya dapat informasinya secara detil kongkrit tidak tahu, tapi kayaknya belum ada (barang bukti, red) yang dibawa," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, KPK menggeledah Kantor Kemnaker di Jalan Gatot Subroto No. 51, Jakarta Selatan dan sebuah rumah di Perumahan Taman Kota Blok B2 No. 9, Bekasi, Jawa Barat, pada Jumat (18/8/2023).

Baca juga: KPK Geledah Kantor Kementrian Tenaga Kerja Terkait Dugaan Korupsi Pengadaan Sistem Proteksi TKI

Penggeledahan ini disebut berkaitan dengan kasus baru yang sedang diusut KPK, yakni terkait dugaan tindak pidana korupsi sistem proteksi bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

"Pengadaan sistem proteksi TKI," kata sumber News dari aparat penegak hukum, Jumat (18/8/2023).

Adapun, berdasarkan sumber, KPK telah memproses hukum seorang pejabat Kemnaker, yaitu Sekretaris Badan Perencanaan dan Pengembangan (Barenbang) Kemnaker I Nyoman Darmanta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat