androidvodic.com

Persembahan Gebyar Kemerdekaan Dari Papua untuk Indonesia dari PYCH Asuhan BIN Lanjut ke Yogyakarta - News

News, JAKARTA - Tour antarkota Papua Youth Creative Hub (PYCH) tiba di Yogyakarta dan kembali mempersembahkan "Gebyar Kemerdekaan Dari Papua untuk Indonesia".

Pertunjukan musik dan kesenian khas Papua untuk memeriahkan HUT ke-78 RI ini dihadiri tidak kurang dari 1.000 masyarakat di Jogja Nasional Museum (JNM) Bloc, Yogyakarta, Rabu (23/8/2023) malam.

PYCH merupakan wadah pengembangan talenta muda yang diasuh Badan Intelijen Negara (BIN) dan berpusat di Jayapura.

Untuk tour ke beberapa kota ini, PYCH juga berkolaborasi dengan para seniman Papua yang mukim di Yogyakarta.

Ada pertunjukan musik, tari, hingga stand up comedy dari anak muda Papua.

Selain itu, ada pula donasi pengumpulan buku untuk adik-adik dan perpustakaan di Papua.
Ini merupakan kegiatan kedua yang dilakukan PYCH di luar Papua dan mendapatkan respons positif dari masyarakat Yogyakarta, terlebih khusus masyarakat Papua yang berada di Yogyakarta.

Hal ini juga menjadi salah satu bukti nyata komitmen terhadap pendidikan di Tanah Papua.

Sementara, perwakilan personel grup M.A.C (Music Anak Coment), Morde Sawaki, Dhimart Ohee dan Rezha Kutanggas mengaku senang atas antusiasme dan sambutan hangat masyarakat Yogyakarta yang hadir, terutama teman-teman mahasiswa yang berasal dari Papua yang sedang menempuh pendidikan di Kota Yogyakarta.

“Keren, gila sih tak terbayangkan akan seramai ini dan semeriah ini, antusiasnya dari acara mulai sampai terakhir luar biasa,” ungkap Morde dilansir, Kamis (24/8/2023).

M.A.C berharap agar kegiatan serupa bisa berlanjut dan dilakukan di wilayah lain yang ada di indonesia dalam memperkenalkan karya dan potensi anak Papua di indonesia.

"Kalau dari kami sih tetap semangat apapun yang dijalani, sambil kuliah, sambil bermusik, banyak kan anak papua yang bermusik, tetap semangat, tetap berjuang, apapun resikonya, halangannya, rintangannya, apapun kalian pasti bisa dimanapun berkarya," ungkap Morde.

Kegiatan ini bisa memotivasi semangat belajar dan berkarya generasi muda Papua, sekaligus momen temu kangen dengan masyarakat Papua diperantauan.

Selain perform dari anak Papua, turut serta hadir youtuber sekaligus influencer Thariq Halilintar yang membuat acara tersebut semakin meriah.

Pada kesempatan tersebut, Thariq berkolaborasi dengan M.A.C menyanyikan lagu 'Cuma Saya' dan lagu terbaru dari M.A.C yang berjudul 'Sang Juara', serta menyapa seluruh masyarakat yang hadir di JNM Bloc.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat