androidvodic.com

Rugikan Petani, Mendag Zulkifli Hasan Protes Keras ke Uni Eropa Terkait Isu Deforestasi - News

News, JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melayangkan protes keras kepada delegasi Uni Eropa mengenai isu deforestasi.

Zulhas menilai kebijakan dagang Uni Eropa terkait aturan deforestasi tidak adil dan rugikan petani Indonesia.

Hal itu disampaikan Mendag Zulhas dalam pertemuan bilateral bersama Uni Eropa di sela-sela G20 Trade and Investment Ministers’ Meeting di Jaipur, India, Kamis (24/8/2023).

“Hubungan Indonesia dengan Eropa sebenarnya dekat, banyak turis Indonesia ke sana. Tapi persepsi Uni Eropa terhadap Indonesia perlu diperbaiki, terutama terkait kebijakan deforestasi. Bagi kami kebijakan itu tidak adil, menghambat perdagangan ekspor kami ke negara-negara Eropa, merugikan petani kopi, kakao, karet, sawit dan lainnya," kata Zulhas.

Menanggapi protes Zulhas, perwakilan Uni Eropa berjanji bahwa mereka akan mencari jalan keluar bagi permasalahan ini.

Uni Eropa menegaskan bahwa pihaknya siap bekerja sama dengan Indonesia untuk membahas mengenai ‘deforestration regulations’.

Baca juga: Pertemuan Konsultasi ke-22 AEMMOFCOM Tiongkok, Mendag Zulkifli Hasan: Tiongkok Mitra Terbesar ASEAN

“Kami tidak bermaksud menghambat ekspor CPO Indonesia. Kami memang memegang prinsip jangan sampai perdagangan mengakibatkan deforestasi. Kita akan mencari jalan agar kebijakan deforestasi tidak mengancam petani Indonesia,” ujarnya.

Zulhas percaya kedua pihak bisa duduk bersama dan membuat tim teknis yang merumuskan langkah lebih baik ke depan.

Dengan demikian, volume perdagangan RI-Uni Eropa bisa meningkat.

“Saat ini baru sepertiga dibanding Vietnam dan Thailand. Memang kita punya banyak isu dengan Uni Eropa. Tapi saya yakin bisa dibicarakan dan akan selesai. IEU-CEPA pada saatnya akan diratifikasi bersama. Tinggal dicari solusi-solusinya bersama-sama. Saya sudah perintahkan Dirjen PPI untuk mengajukan dokumennya," kata Zulhas.

Kunjungan Kerja Mendag Zulhas dalam rangka G20 TIMM di India kali ini tampaknya membawa banyak hasil positif.

Baca juga: Terima Ketua Parlemen Thailand, Mendag Zulkifli Hasan Ajak Kerja Sama Dongkrak Harga Karet Dunia

Selain dialog bilateral dengan Uni Eropa, Indonesia juga melakukan dialog penting dengan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Jumat (25/8/2023) Ketua Umum PAN itu juga diagendakan melakukan dialog dengan negara-negara lain seperti Jepang dan Belanda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat