androidvodic.com

Tema Hari Perumahan Nasional 2023, Beserta Sejarah Singkatnya - News

News - Inilah tema Hari Perumahan Nasional 2023 yang diperingati setiap tanggal 25 Agustus.

Hari Perumahan Nasional atau Hapernas tahun ini jatuh pada hari Jumat, 25 Agustus 2023.

Tahun ini, Hapernas memasuki peringatan ke-15 dan secara rutin diperingati setiap tahunnya.

Peringatan Hapernas ini lahir melalui Keputusan Menteri Negara Perumahan Nasional No: 46/KPTS/M/2008 tentang Hari Perumahan Nasional.

Peringatan Hapernas ini sebagai momen untuk menyemarakkan perlunya menciptakan perumahan yang layak huni bagi masyarakat.

Baca juga: Soal Dosen Dikirimi Paket Ular, Sosok Pengirim Terekam CCTV, Penjagaan Perumahan Diperketat

Selain itu, Bung Hatta juga mmberikan amanat dalam Kongres Perumahan Rakyat Sehat, 1950, bahwa cita-cita perumahan rakyat dapat dicapai apabila kita bersungguh- sungguh mau dan berusaha dengan penuh kepercayaan, semua pasti bisa.

Tema Hari Perumahan Nasional 2023

Dikutip dari laman PUPR, pada peringatan Hari Perumahan Nasional 2023 ini mengusung tema 'Melanjutkan Kolaborasi Wujudkan Hunian Layak, Berkelanjutan dan Terjangkau Untuk Semua'.

Tema ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kerjasama antara yang memiliki kepentingan dan pihak yang terlibat dalam menyediakan perumahan yang layak huni bagi masyarakat.

Hal ini merupakan salah satu langkah hak setiap individu untuk mendapat rumah yang layak.

Selain itu, agar masyarakat Indonesia menjadi lebih baik dan selalu berekelanjutan.

Sejarah Hari Perumahan Nasional 2023

Lahirnya peringatan Hari Perumahan nasional ini Keputusan Menteri Negara Perumahan Nasional No: 46/KPTS/M/2008 tentang Hari Perumahan Nasional, pada 6 Agustus 2008.

Diketahui sebelumnya, peringatan Hari Perumahan Nasional ini berawal dari Kongres Perumahan Rakyat Sehat pada tanggal 25-30 Agustus 1950 yang dibuka oleh Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia, Mohammad Hatta atau Bung Hatta.

Bung Hatta menyampaikan bahwa aspirasi untuk memberikan perumahan layak huni bagi masyarakat Indonesia.

Selain itu, Bung Hatta juga menegaskan bahwa jika semua pihak bersedia untuk berjuang dengan sungguh-sungguh dan bekerja keras, maka tujuannya akan tercapai.

Pada Kongres tersebut membahas dan menjadi langkah untuk pembangunan perumahan berkelanjutan.

Sebagai informasi, peringatan Hapernas 2023 ini menjadi momen untuk mengenang dan mengingatkan kembali semangat Kongres Perumahan Rakyat Sehat serta sebagai ajang untuk mengingatkan kembali komitmen dalam melanjutkan pembangunan perumahan yang layak bagi seluruh warga negara.

(News/Pondra)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat