androidvodic.com

Politikus PAN Tekankan Pentingnya Penguatan Pembangunan Mulai dari Desa - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, JAKARTA - Politikus Partai Amanat Nasional (PAN), Dipo Nurhadi Ilham menekankan pentingnya penguatan pembangunan mulai dari desa agar terwujudnya pertumbuhan ekonomi Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan.

Menurutnya, desa memiliki berbagai macam potensinya dan berperan penting bagi penguatan perekonomian Indonesia.

Baca juga: Fraksi PPP DPR Dukung Kenaikan Dana Desa Rp 2 Miliar: Pemerataan Pembangunan Dimulai Dari Desa

Dipo mengatakan desentralisasi pembangunan harus tersebar di seluruh wilayah Indonesia, bukannya terpusat di perkotaan.

"Pada dasarnya, pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, bertanggung jawab atas pembangunan daerah," kata Dipo dalam keterangannya, Jumat (25/8/2023).

Dia menegaskan kesenjangan sosial di tanah air akan semakin besar bila pembangunan hanya berpusat di perkotaan.

Dipo sepakat bahwa dana desa terus digelontorkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan.

"Kementerian Keuangan bertanggung jawab untuk mengalokasikan dana desa dalam APBN, membaginya ke setiap kabupaten atau kota, menyalurkan dana dari rekening kas umum negara (RKUN) ke rekening kas umum daerah (RKUD) dan memantau dan mengevaluasi bagaimana dana tersebut digunakan untuk kemajuan desa," ucapnya.

Dia pun mengapresiasi kebijakan Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meningkatkan anggaran transfer ke daerah dan dana desa secara bertahap.

"Ya, tentunya kita harus mengapresiasi kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk membangun perekonomian dari pedesaan. Apalagi sekarang pemerintah terus membangun infrastruktur agar meningkatkan akses konektivitas antara desa ke kota. Dan itu akan membuat akselerasi pertumbuhan ekonomi di desa tersebut," tutur Dipo.

Lebih lanjut, Dipo mendorong pemerintah untuk terus membangun puskesmas, sekolah, pusat pasar, pembangkit listrik, dan infrastruktur lainnya untuk memastikan penduduk di pedesaan dan daerah pinggiran bisa memiliki mata pencaharian, kesehatan yang baik, pendidikan berkualitas, dan aliran listrik yang memadai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat