androidvodic.com

Sambut Pawai Budaya Reog, Begini Pose Silat Menko PMK Saat Gunakan Pakaian Khas Ponorogo - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami 

News, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyambut Pawai Budaya Reog Ponorogo di Kantor PMK, Minggu (27/8/2023).

Menko PMK diketahui menggunakan pakaian khas Ponorogo yang biasa digunakan seniman reog yang bernama bernama baju Warok, yang dipadukan dengan celana lis hitam.

Menunggu kedatangan rombongan pawai, Muhadjir sempat menampilkan pose bersilat di depan awak media sambil menunggu kedatangan pawai budaya yang bergerak dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) di Jalan Merdeka Selatan.

"Kesenian Reog Ponorogo sekarang sedang dalam proses untuk diusulkan kepada UNESCO agar dapat pengakuan sebagai warisan budaya tak benda dunia dari Indonesia," kata Muhadjir saat memberikan keterangan pers.

Reog Ponorogo didaftarkan pemerintah Indonesia sebagai warisan budaya tak benda dunia di UNESCO.

Saat ini dossier kesenian Reog Ponorogo sudah dikirim ke UNESCO, namun akan ada beberapa perbaikan berdasarkan review panitia di UNESCO.

Perbaikan tersebut nantinya akan dikirim pada bulan September untuk selanjutnya dibahas dalam sidang penetapan warisan budaya tak benda dunia di UNESCO bulan Desember 2024.

Berdasarkan dossier UNESCO, Reog Ponorogo dinilai memiliki nilai universal yang menonjol yang dilestarikan oleh banyak komunitas.

Baca juga: Ditanya Kesiapan Jika Jadi Cawapres Prabowo, Muhadjir Effendy: Belum Tentu Kok, Masa Harus Siap

Bahkan di Ponorogo sendiri ada ratusan komunitas yang melestarikan kesenian Reog.

"Ini adalah untuk menunjukkan betapa kesungguhan kita dan kelayakan Reog Ponorogo untuk diakui UNESCO," kata Muhadjir. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat