androidvodic.com

5 Tahun Bekerja, ART Asal Banjarnegara Disiksa Majikannya Mantan Politisi Bergelar Dato’ di Malaysia - News

Laporan Wartawan News Rina Ayu

News, JAKARTA -- Asisten Rumah Tangga (ART) Indonesia, Nunik (bukan nama sebenarnya) disiksa majikannya, seorang mantan politisi bergelar Dato’ pada partai politik yang berkuasa saat ini. 

ART asal Banjarnegara ini mengalami kekerasan fisik dan tidak digaji.

Baca juga: Manfaat Jaminan Sosial Ditingkatkan, BPJS Ketenagakerjaan dan Menaker Komitmen Lindungi PMI

Dubes Hermono yang mendengar cerita Nunik menyatakan, sungguh miris PMI Nunik tidak pernah digaji selama lima tahun sementara majikan bergelimang harta.

Nunik mengisahkan, majikannya punya 9 mobil dan rumah mewah 3 lantai.

"Tapi saya tidak digaji bertahun-tahun," kata Nunik kepada Hermono seperti dikutip News, Senin (28/8/2023).

Adapun siksaan fisik yang diterima Nunik menyebabkan luka dan cacat di beberapa bagian tubuhnya, dan tidak pernah menerima perawatan medis yang semestinya.

Termasuk diantaranya saat majikan mengguyurnya dengan air panas hingga meninggalkan bekas luka yang serius di beberapa bagian tubuhnya, pemukulan pada bagian jarinya, serta kekerasan fisik lainnya yang kerap dilakukan majikan.

Kekerasan juga oleh supir majikan.

Ditambahkan pula dalam pengakuannya kekerasan fisik yang diterimanya akibat kesalahan yang tidak jelas alasannya.

Baca juga: PMI asal Cianjur Disekap Majikan Selama 4 Bulan, Diduga Diberangkatkan ke Arab Saudi Secara Ilegal

Karena tidak tahan, Nunik pernah mencoba kabur pada tahun kedua dari rumah majikannya, namun gagal karena ditemukan majikan dan didera hukuman fisik serta dipaksa kembali bekerja. 

Selama bekerja menurut pengakuannya, Nunik hanya diberikan kesempatan berkomunikasi dengan keluarganya pada tahun pertama saja, selebihnya tidak pernah diberikan kesempatan lagi.

“Saya sudah tidak tahan lagi menerima siksaan-siksaan majikan, jadi berusaha kabur dan ingin kembali ke Indonesia”, ungkap Nunik.

Pada akhirnya Nunik berhasil melarikan dari rumah majikan dengan bantuan warga setempat yang tinggal tidak jauh dari majikan setelah 5 tahun bekerja. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat