androidvodic.com

Dissenting Opinion 2 Hakim Agung: Jabatan Kadiv Propam Polri Tak Bisa Diskon Vonis Mati Ferdy Sambo - News

Laporan Wartawan News, Ashri Fadlilla

News, JAKARTA - Mahkamah Agung telah menerbitkan putusan lengkap kasasi eks kadiv Propam Polri Ferdy Sambo dalam perkara pembunuhan berencana terhadap bintara polisi, Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Dalam putusan lengkapnya, terurai pertimbangan-pertimbangan Majelis Kasasi, termasuk adanya dissenting opinion.

Untuk diketahui, dissenting opinion merupakan perbedaan pendapat di internal Majelis.

Dua Hakim Agung yang memiliki perbedaan pendapat ialah Jupriyadi dan Desnayeti.

"Telah terjadi perbedaan pendapat dalam musyawarah Majelis Hakim dan telah diusahakan dengan sungguh-sungguh tetapi tidak tercapai mufakat, perbedaan pendapat dari Hakim Agung Jupriyadi dan Hakim Agung Desnayeti," dikutip dari dokumen putusan kasasi Ferdy Sambo.

Menurut kedua hakim agung tersebut, Ferdy Sambo sebagai seorang polisi mestinya mampu melakukan cross-check atas laporan istrinya, Putri Candrawathi yang mengaku dilecehkan.

Baca juga: Mengabdi dan Berjasa Kepada Negara Jadi Pertimbangan Hakim MA Batalkan Vonis Mati Ferdy Sambo

Terlebih saat peristiwa itu, Ferdy Sambo menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri, yakni polisinya para polisi.

"Seharusnya Terdakwa dapat pula memerintahkan jajarannya untuk memeriksa korban dapat menjatuhkan sanksi kepada korban jika terbukti telah melakukan kesalahan atau pelanggaran kode etik," kata Hakim Agung Jupriyadi dalam putusan kasasi Mahkamah Agung atas perkara ini.

Sebagai perwira yang berada pada jajaran pejabat utama Polri, Ferdy Sambo tak semestinya langsung menghakimi Brigadir J, ajudannya.

Apalagi sampai menyusun skenario untuk menghilangkan jejak pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

Baca juga: Jadi Napi di Lapas Salemba, Ferdy Sambo dkk Langsung Ditempatkan di Kamar Ini

"Terdakwa sebagai seorang Perwira Polisi dalam jabatan Pejabat Utama Kepolisian RI yang telah menghakimi dan mengeksekusi ajudannya sendiri tanpa klarifikasi sama sekali, telah membuat rasa kecewa pihak keluarga korban bahkan masyarakat pada umumnya," kata Hakim Agung Desnayeti.

Karena itu, Hakim Agung Jupriyadi dan Desnayeti kompak menolak permohonan kasasi Ferdy Sambo.

Di mana dalam permohonan kasasinya, Ferdy Sambo menyebutkan alasan membunuh Brigadir J karena harga diri dan kehormatannya terluka terkait peristiwa yang menimpa istrinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat