androidvodic.com

Mengapa ANBK 2023 Harus Diikuti oleh Seluruh Sekolah? Berikut Penjelasannya - News

News - Mengapa Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2023 harus diikuti oleh seluruh sekolah? berikut penjelasannya.

Program ANBK 2023 dilaksanakan untuk mengevaluasi sekolah dan meningkatkan mutu pendidikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek).

ANBK 2023 diikuti oleh seluruh satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah, termasuk satuan pendidikan Indonesia di luar negeri (SILN dan PKBM di luar negeri) yang memiliki NPSN.

Mengutip dari anbk.kemdikbud.go.id, ANBK akan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan atau sekolah.

Lantas mengapa ANBK 2023 harus diikuti oleh seluruh sekolah?

Berikut penjelasan tentang mengapa ANBK 2023 diikuti oleh seluruh sekolah, mengutip dari laman Kemdikbud.

Baca juga: Apa Saja Perangkat yang Digunakan dalam Pelaksanaan ANBK 2023? Berikut Daftarnya

Asesmen Nasional atau ANBK 2023 dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi sistem pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah pusat.

Hal itu diperlukan dalam rangka memperoleh informasi yang akurat dan komprehensif dalam bentuk Profil Pendidikan dan Rapor Pendidikan.

Profil pendidikan tersebut terdiri dari:

1. Profil Satuan Pendidikan;

2. Profil Pendidikan Daerah; dan

3. Profil Pendidikan Nasional.

Melalui Profil Pendidikan tersebut dapat membantu sekolah dan Pemerintah dalam mengidentifikasi indikator-indikator yang sudah baik maupun yang masih perlu ditingkatkan.

Kemudian melakukan refleksi untuk menentukan akar masalah, dan menyusun program yang harus dilaksanakan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat