androidvodic.com

Tindaklanjuti Perintah Jokowi, KLHK Minta Perkantoran Sukarela Tanam Pohon Besar - News

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penanaman pohon-pohon besar mulai dilakukan di perkantoran guna menangani polusi udara di Jakarta dan sekitarnya.

Merespon hal tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meminta perkantorkan secara sukarela menanam pohon berukuran besar.

"Pertama tentu kita akan minta itu secara voluntary (sukarela) dilakukan oleh dunia usaha ya karena memperbagus gedungnya," kata Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, saat ditemui di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Selasa (29/8/2023).

Siti memahami memperindah tampilan gedung tidak hanya dengan ditanami pohon besar.

Namun, menurutnya, banyak pohon yang dapat ditanami di perkantoran.

Meski demikian, Siti tak menjelaskan secara detil jenis pohon tersebut.

"Walaupun saya paham kadang-kadang supaya gedungnya bagus pohonnya jangan gede-gede gitu ya cuma jangan kecil-kecil amat juga jangan cuma pohon hiasan kecil-kecil juga. Oh banyak (jenis pohon), pak Ditjen ini tahu," ungkap Siti.

Siti juga menyampaikan, hal itu terkait arahan Jokowi dalam rapat kabinet untuk setiap kementerian menangani polusi udara dengan aspek dan tanggung jawab masing-masing.

Kata Siti, Jokowi menyarankan di teras gedung bertingkat untuk ditanami pohon.

"Jadi kemarin Bapak Presiden dalam rapat kabinet juga mengatakan, lakukan semua yang bisa dilakukan oleh kementerian menurut aspek dan tanggungjawab masing-masing Kementerian. Dari saya memang untuk kota-kota besar seperti ini, bukan hanya Jakarta," ucap Siti.

"Pada gedung-gedung bertingkat tinggi misalnya ada teras-teras lantai harusnya ada pohonannya juga, bukan hanya kering. Kan kalau ke hotel-hotel bagus biasanya ada kolam renang ya di lantai 5. Nah sekarang jangan kolam renang aja, tambahin pohon-pohon yang agak gede," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk mulai melakukan penanaman pohon besar di kantor-kantor pemerintahan sebagai salah satu upaya untuk mengurangi polusi di DKI Jakarta.

Hal itu disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya usai rapat terbatas membahas polusi udara di Jakarta dan sekitarnya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, (28/8/2023).

"Presiden juga menegaskan untuk bisa mulai dilakukan penanaman pohon-pohon yang besar oleh semua stakeholders termasuk kantor pemerintah," kata Siti.

Baca juga: Atasi Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Gencar Menanam

Tidak hanya kantor pemerintahan, Presiden Jokowi juga meminta kantor kantor swasta untuk melakukan penanaman pohon. Bahkan Jokowi meminta agar jarak tanam antar pohon dipersempit.

"Kemudian masyarakat dan dunia usaha juga di gedung-gedung atau di teras-teras gedung-gedung yang besar. Jadi kita perlu tanam sebanyak-banyaknya, tadi saya juga diarahkan kalau perlu jarak tanamnya diatur jangan seperti biasa 3x1 misal tapi cukup 1x1 dan lain lain," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat