androidvodic.com

Terapkan Sistem I-Voting, Tri Firdaus Akbarsyah Terpilih Sebagai Ketua INI - News

News, JAKARTA - Tri Firdaus Akbarsyah terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Notaris Indonesia (INI) periode 2023-2026 dalam Kongres XXIV yang digelar di Novotel Kota Tangerang, Banten.

Kepastian tersebut diperoleh usai Tri Firdaus Akbarsyah mendapat 1.383 suara atau 72,94 persen dari total 1.896 pemilih.

Pemilihan ketua umum baru tersebut menggunakan sistem I-Voting Nasional untuk mempermudah seluruh anggota yang berjumlah ribuan dalam memberikan hak suara-nya.

"Jadi di dalam anggaran rumah tangga pasal 20 khususnya, disebutkan bahwa pemilihan dapat dilaksanakan secara elektronik. sebagaimana kita ketahui di Undang-Undang ITE, elektronik ini adalah salah satu nya adalah internet voting, jadi bisa memilih di manapun," kata Tri Firdaus Akbarsyah usai Kongres, Kamis malam, 31 Agustus 2023.

Tri Firdaus Akbarsyah menjelaskan usai terpilih untuk meneruskan kepemimpinan Yualita Widyadhari, dirinya mempunyai sejumlah program yang akan dijalankan.

Salah satu yang menjadi perhatian penting adalah merangkul anggota yang mencapai ribuan agar tetap solid dan nyaman berada dalam lingkaran INI.

"Sudah pasti kita punya program pembinaan terhadap seluruh anggota. Kita galakan juga kepada seluruh pemda pemda untuk meningkatkan kualitas bagi anggota nya di seluruh daerah, karena bisa saja di daerah Indonesia barat, Indonesia timur atau Indonesia tengah, ini cukup jauh jaraknya sehingga kita tekankan kepada pemda untuk melaksanakan," jelas Tri Firdaus Akbarsyah.

Tri Firdaus Akbarsyah kembali mengatakan anggota INI harus melakukan adaptasi dengan seiring berkembangnya era digital dan teknologi.

Menurut dia hal tersebut penting dilakukan demi bertahan dan berkembang nya INI untuk saat ini dan masa depan.

Sebagai contoh, Tri Firdaus Akbarsyah menekankan dengan sebuah smartphone, anggota INI bisa menjalankan tugasnya di manapun dan kapanpun.

"Sebagai contoh Ikatan Notaris Indonesia adalah bagian daripada notaris dunia, beberapa negara di Eropa sudah menggunakan digitalisasi, itu hanya sebagai alat, sebagai media dalam menjalankan jabatan nya, ini yang perlu kita ambil bahwa dalam melaksanakan jabatan kita gunakan teknologi," ungkapnya.

Dalam pemilihan ketua tersebut, Tri Firdaus Akbarsyah berhasil mengungguli Ruli Iskandar dengan perolehan 23,73 persen (450 pemilih) pada posisi kedua dan Otty Hari Chandra Ubayani dengan perolehan 3,32 pemilih (63 pemilih) pada posisi ketiga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat