androidvodic.com

Pakar Nilai Menteri Bahlil Sukses Tepis Keraguan Soal Investasi IKN - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mulai akan mulai groundbreaking pada September ini oleh investor dari dalam negeri yang tergabung dalam konsorsium Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

Konsorsium tersebut dipimpin oleh pendiri Agung Sedayu Group, lalu akan diperkuat oleh konglomerat lain diantaranya, konglomerat Sinar Mas Franky Oesman Widjadja dan pemilik Salim Group Anthony Salim.

Pakar Ekonomi dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Hendra Kholid mengapresiasi kinerja Menteri Bahlil telah berhasil meyakinkan para pengusaha di Indonesia untuk berinvestasi di IKN.

Menurutnya, groundbreaking atau peletakan batu pertama itu merupakan sebuah prestasi karena telah berhasil menipis keraguan megaproyek IKN sepi peminat dan membuktikan IKN akan menjadi Ibu kota masa depan.

“Selamat buat Pak Menteri Bahlil, suatu prestasi baik dalam keberlanjutan pembangunan IKN ke depan,” ujar Hendra dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (3/9/2023).

Hendra menambahkan, kepercayaan dari investor dari dalam negeri tersebut merupakan sebuah modal untuk selanjutnya menggaet investor asing untuk ikut berinvestasi dan segera merealisasikannya.

“Ya, pastinya sebuah modal trust (kepercayaan) yang baik dari investor dan menjawab keraguan publik atas keberlanjutan pembangunan IKN,” ucap Hendra.

Lanjut Hendra mengatakan bagaimana suatu proyek akan mendapatkan pendanaan dari luar negeri, jika investor lokal saja tidak mau ikut, namun Hendra bersyukur hal itu tidak terjadi di IKN.

“Jika investor lokal percaya dan berani berinvestasi, maka secara otomatis akan mendorong dan menjadi pemicu baik bagi investor asing untuk ikut masuk dan berinvestasi di IKN,” ujarnya.

Hendra berharap ke depan, IKN akan lebih banyak investor yang datang untuk mempercepat pembangunan IKN, sehingga instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar upacara 17 Agustus 2024 mendatang di IKN dapat terealisasi.

Oleh karena itu, ia mendorong supaya regulasi, perizinan dan insentif dapat difasilitasi pemerintah untuk memperlancar keberlanjutan pembangunan.

“Adanya sinergi kemudahan regulasi dari pemerintah dan investasi modal dari investor lokal dan asing dalam keberlanjutan pembangunan IKN,” tandasnya.

Baca juga: Menteri Bahlil: ASEAN Merupakan Titik Terang di Tengah Cakrawala yang Gelap

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, saat ini telah ada konsorsium investor yang siap menanamkan modalnya di IKN.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat