androidvodic.com

Komitmen Untuk Meminimalisasi Kecelakaan Kerja di PT GNI, Ini Sejumlah Upaya yang Diterapkan - News

News - Menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan kondusif bagi karyawan menjadi kewajiban setiap perusahaan. Hal tersebutlah yang telah diupayakan oleh PT Gunbuster Nickel Industry (PT GNI) sebagai salah satu perusahaan industri smelter terkemuka di tanah air.

Penerapan regulasi keamanan kerja di PT GNI menjadi komitmen perusahaan untuk memastikan keselamatan karyawannya. Dengan iklim ketenagakerjaan yang kondusif, maka dapat terbentuk pula iklim usaha yang kondusif.

Untuk makin mendukung iklim usaha yang kondusif, prosedur keamanan kerja di PT GNI meliputi berbagai langkah seperti pelaksanaan diklatsar rutin, pembentukan P2K3, hingga melakukan sejumlah dialog bersama karyawan. 

Regulasi keamanan kerja di PT GNI untuk lingkungan kerja yang kondusif

Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Penyelamatan dan Penanganan Kecelakaan Kerja merupakan salah satu bagian dari upaya GNI dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan kondusif bagi karyawannya.

Diklatsar ini dilakukan secara rutin oleh smelter PT GNI dengan menggandeng Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Kota Palu. 

Lewat Diklatsar, perusahaan memberikan edukasi kepada para karyawan dalam memahami dan menghadapi kondisi tanggap darurat perusahaan, serta bagaimana penggunaan sarana dan prasarana tanggap darurat. 

Adapun pelatihan yang dilakukan meliputi pemakaian alat pemadam api ringan (APAR), pelatihan penyelamatan kecelakaan kendaraan (vehicle accident rescue), evakuasi kebakaran (lowering dan lifting), serta latihan penyelamatan di air (water rescue). 

Diklatsar yang melibatkan sejumlah karyawan dari berbagai departemen dan Departemen Health, Safety, and Environment (HSE) ini diharapkan dapat dimaksimalkan dengan baik oleh karyawan dalam menghadapi situasi dan kondisi kedaruratan, serta menjadi bentuk antisipasi kecelakaan kerja PT GNI.

Prosedur keamanan kerja di PT GNI

Prosedur keamanan kerja yang diterapkan PT GNI selanjutnya adalah dengan membentuk Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3). Untuk diketahui, P2K3 merupakan tim atau badan pembantu di tempat kerja yang menjadi wadah kerja sama antara pengusaha dan pekerja untuk mengembangkan rasa saling pengertian dan partisipasi efektif dalam penerapan K3. 

Keberadaan P2K3 memiliki peranan penting dalam membantu penyusunan, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap seluruh prosedur keamanan kerja PT GNI, regulasi keamanan kerja di PT GNI, serta regulasi safety kerja di smelter PT GNI.

Dalam menciptakan iklim kerja yang kondusif, PT GNI tak lupa untuk menciptakan budaya yang dapat membentuk lingkungan yang aman bagi karyawan. Dengan melakukan dialog secara berkala bersama para karyawan, PT GNI mendorong keterbukaan dan rasa menghargai satu sama lain di antara perusahaan dan karyawan. 

Jadi role model bagi industri smelter nikel di Indonesia

Berkat komitmennya dalam melindungi karyawan serta meminimalisasi kecelakaan kerja di PT GNI, perusahaan ini diteguhkan sebagai role model bagi seluruh industri smelter nikel di Tanah Air oleh Kemenaker. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat