androidvodic.com

BSSN Dukung Kolaborasi Poltek SSN-Koica dan Dubes Inggris: Ciptakan SDM Handal Bidang Keamanan Siber - News

Laporan Wartawan News, Fransiskus Adhiyuda

News, JAKARTA - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) berupaya memperkuat kapasitas keamanan siber akademisi dan lembaga pelatihan teknis keamanan siber di Indonesia melalui kolaborasi. 

Hal ini sejalan dengan tujuan dalam mewujudkan ruang siber yang terbuka, aman, stabil, dan bertanggungjawab sebagaimana tertuang dalam Strategi Keamanan Siber Nasional Indonesia yang telah ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 47 Tahun 2023 tentang Strategi Keamanan Siber Nasional dan Manajemen Krisis Siber.

Kolaborasi yang sedang dilaksanakan kali ini adalah Indonesia Academic Forum for Cyber Security yang diselenggarakan sebagai implementasi kerja sama antara United States Agency for International Development (USAID), Korea International Cooperation Agency (KOICA), Kedutaan Besar Inggris, dan Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN).

Forum ini juga merupakan katalis yang diharapkan mampu mendorong ekosistem kerja sama dengan negara-negara yang mendukung dan memiliki inisiatif serupa.

Dalan kesempatan itu, Kepala BSSN Hinsa Siburian mengatakan, forum tersebut sebagai upaya mengantisipasi ancaman di ruang siber.

Maka peningkatan kapasitas, kapabilitas, dan kualitas terhadap aspek Sumber Daya Manusia (SDM), proses atau tata kelola, dan teknologi keamanan siber menjadi prioritas yang harus terus dilakukan secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut. 

"Kegagalan dalam mengantisipasi ancaman ini akan membahayakan potensi ekonomi digital Indonesia yang pada tahun 2030 diproyeksikan mencapai nilai Rp 4.531 triliun," kata Hinsa dalam Academic Forum for Cyber Security yang diselenggarakan di Jakarta, Selasa (12/9/2023).

Dia kemudian menambahkan bahwa SDM memiliki peran paling besar dalam kesuksesan implementasi keamanan siber

Namun di sisi lain, SDM juga merupakan titik terlemah dalam rantai keamanan siber sehingga perlu terus dilakukan peningkatan kapasitas dan kapabilitas terhadapnya.

“Sejalan dengan tema hari ini, yaitu Strengthening the Cybersecurity Capacity of Indonesia’s Academic and Technical Cybersecurity Training Institution, maka peningkatan kapasitas untuk Akademisi dan Institusi Pelatihan Teknis Keamanan Siber menjadi prioritas dalam rangka menghasilkan SDM Keamanan Siber dan Sandi yang andal dan profesional," ungkap Hinsa.

Sementara, Country Director KOICA Jeong Yun-Gil mengatakan, keterlibatan para pakar terkenal dari universitas-universitas Korea dan perusahaan teknologi internasional memberikan kesan dinamis dalam diskusi forum tersebut. 

Wawasan mereka mengenai tren dan teknologi terkini dalam keamanan siber akan membentuk kembali pemahaman kita mengenai bidang yang berkembang pesat ini. 

"Sorotan pada strategi Penelitian dan Pengembangan keamanan siber Korea memberikan contoh bagi negara-negara yang berupaya meningkatkan ketahanan siber mereka," ucap Jeong Yun-Gil.

“Sungguh suatu kehormatan untuk menjadi bagian dari Forum Akademik Keamanan Siber yang luar biasa ini, yang mempertemukan para pemikir hebat di bidang keamanan siber," sambung Jeong.

Mission Director USAID Indonesia Jeff Cohen menyampaikan strategi Indo-Pasifik Amerika Serikat menegaskan komitmennya untuk mendukung dan membantu negara-negara mitra menghadapi intrusi ruang siber.

Baca juga: BSSN Lakukan Penguatan SDM DPR Setelah Akun YouTube Diretas

“Inilah yang ingin kami lakukan hari ini – bekerja sama dengan Anda semua untuk mengembangkan dan menjaga dunia digital kita saat ini dan masa depan,” jelasnya.

Hadir pula dalam kesempatan itu, Kepala Digital Ekonomi Kedutaan Besar Inggris Jakarta Samuel Hayes, Project Director Digital Asia Accelerator (DAI) David Stanley, Direktur Politeknik Siber dan Sandi Negara Marsma TNI R. Tjahjo Khurniawan serta pejabat jajaran BSSN. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat