androidvodic.com

Laksamana Yudo Margono Bicara Kesiapsiagaan Hingga Kesejahteraan Prajurit dalam Upacara HUT TNI AL - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono memimpin Upacara HUT ke-78 TNI Angkatan Laut tahun 2023 di Dermaga Ujung Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/9/2023).

Dalam rangkaian HUT yang mengangkat tema “Dengan Semangat Jalasveva Jayamahe, Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” itu, Yudo berbicara soal kesiapsiagaan hingga kesejahteraan prajurit.

"Selama 78 tahun, TNI Angkatan Laut telah tumbuh dan berkembang menjadi kekuatan maritim yang selalu siap siaga menjaga kedaulatan negara di laut, menegakkan hukum dan keamanan di seluruh perairan Indonesia sekaligus menjadi salah satu alat diplomasi militer yang efektif pada tataran internasional," kata Yudo dalam keterangan resmi Puspen TNI dikutip Selasa (12/9/2023).

Menjadi Prajurit Jalasena Samudera, kata dia, merupakan panggilan jiwa untuk berbakti kepada Bangsa dan Negara di jalan pengabdian yang penuh dengan kebanggaan dan kehormatan.

Dalam pengabdiannya, lanjut dia, TNI Angkatan Laut telah mampu menghadapi berbagai konflik dan krisis dengan penuh keberanian.

Baca juga: Panglima TNI Lepas Tim Pembawa Pesan Kampanye Lingkungan The Rising Tide 2023

Selain itu, kata Yudo, TNI Angkatan Laut juga secara aktif terlibat dalam berbagai Operasi Kemanusiaan di dalam dan luar negeri.

Pada level regional, kata dia, TNI Angkatan Laut memiliki peran sentral dalam menjaga stabilitas maritim di kawasan.

"Selain itu, kontribusi nyata TNI Angkatan Laut dalam Misi Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia telah mendapatkan apresiasi dan pengakuan yang tinggi dari dunia internasional," kata Yudo.

Baca juga: Panglima TNI Lepas Tim Pembawa Pesan Kampanye Lingkungan The Rising Tide 2023

Semua pencapaian tersebut menurutnya merupakan rahmat dan karunia dari Tuhan Yang Maha Kuasa, sekaligus buah dari upaya kerja keras dan pengabdian yang tinggi dari seluruh prajurit serta dukungan yang tulus dari segenap keluarga besar TNI Angkatan Laut.

Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya, kepada seluruh Prajurit, Pegawai Negeri Sipil serta keluarga besar TNI Angkatan Laut, atas dedikasi, profesionalisme, loyalitas dan dukungan yang telah dipersembahkan selama ini.

Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para sesepuh dan pendahulu TNI Angkatan Laut yang telah meletakkan fondasi kokoh dan suri tauladan yang baik dalam menjalankan pengabdian secara paripurna, sehingga TNI Angkatan Laut dapat berkembang sebagaimana yang kita saksikan bersama saat ini.

Yudo mengatakan sudah menjadi tugas dan tanggung jawab generasi penerus TNI Angkatan Laut untuk terus meneguhkan komitmen pengabdian dalam meneruskan, mempertahankan, dan meningkatkan tradisi kejayaan TNI Angkatan Laut sebagai mana telah dicontohkan oleh para pendahulu.

Selain itu, kata dia, aetiap Prajurit TNI Angkatan Laut juga harus selalu adaptif terhadap perubahan, dan senantiasa membuka diri untuk belajar hal-hal baru, keluar dari zona nyaman, serta mampu berpikir kreatif dan solutif dalam menghadapi berbagai situasi yang tidak terduga.

"Pembangunan sumber daya manusia TNI Angkatan Laut yang profesional dan tangguh, berlandaskan kekuatan moral, pengetahuan yang luas dan penguasaan teknologi, mutlak untuk diwujudkan," kata dia.

"Namun perlu kita pahami bersama bahwa upaya untuk mewujudkan profesionalisme prajurit tidak akan bisa berjalan dengan optimal tanpa diiringi dengan peningkatan kesejahteraan yang baik," sambung dia.

Ia pun meminta setiap Prajurit TNI Angkatan Laut sebagai garda terdepan dan benteng terakhir pertahanan NKRI harus selalu siap menjalankan tugas mulia yang diamanahkan kepada TNI Angkatan Laut.

Yudo juga meminta mereka selalu menjaga marwah dan kehormatan Prajurit Jalasena Samudera, dengan selalu menjaga profesionalisme dan ketangguhan kalian dalam bertugas.

"Jadilah Prajurit Jalasena yang selalu dicintai rakyat dan mencintai rakyat,” pungkas Yudo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat