androidvodic.com

BSI Dukung Usaha Masyarakat Pedesaan di Yogyakarta Bersama Program Bakti Sosial BUMN - News

News — Dalam rangka mendorong usaha masyarakat pedesaan di Yogyakarta, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menjalankan kolaborasi dengan Program Bakti Sosial BUMN.

Lewat kerja sama ini, BSI dan Program Bakti Sosial BUMN  memberikan bantuan dan dukungan untuk para pelaku usaha masyarakat pedesaan di Desa Mina Padi Samberembe, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

BSI dan Kementerian BUMN melakukan penebaran benih ikan nila sebanyak 125 Kg, pembagian bantuan 500 paket sembako, pelayanan pemeriksaan kesehatan, showcase UMKM Binaan BSI dan pemberian 800 Kg pupuk urea berkolaborasi dengan PT Pupuk Indonesia (Persero), yang pemanfaatannya akan digunakan untuk lahan seluas 3,5 Ha.

Baca juga: BSI dan BPJS Bersinergi Tingkatkan Kualitas Layanan Kesehatan Negara

Direktur Compliance dan Human Capital BSI Tribuana Tunggadewi atau biasa dipanggil Dewi, mengatakan bahwa sinergi ini merupakan wujud komitmen BSI untuk mendorong kemajuan ekonomi Indonesia.

“BSI ingin menjadi sahabat finansial, sahabat spiritual, dan sahabat sosial masyarakat, di mana kehadiran BSI dapar terus memberikan manfaat bagi masyarakat yang lebih luas,” kata Dewi.

Program ini juga sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir agar perusahaan BUMN dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, baik dalam bentuk produk maupun berbagai inisiatif yang dilakukan perusahaan.

Dewi menyebutkan, BSI berkomitmen untuk terus berkontribusi positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Hal ini salah satunya ditunjukkan lewat pelaksanaan program Desa Bangun Sejahtera Indonesia (Desa BSI).

“Saat ini telah dilaksanakan sejumlah 15 Program Desa BSI di seluruh Indonesia, dari Pulau Sumatera, Jawa, Lombok, Kalimantan sampai ke pulau Sulawesi. Program Desa BSI akan terus dilaksanakan oleh BSI, sejalan dengan pertumbuhan bisnis BSI,” ujarnya.

Asisten Deputi Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN Edi Eko Cahyono menyampaikan nantinya kedepan, program-program Bakti Sosial BUMN seperti ini kolaborasi menjadi kuncinya dan dengan sumber daya yang cukup akan mencapai dampak yang besar pula.

"Intervensi langsung juga sudah kami persiapkan untuk memberikan bantuan yang meringankan beban masyarakat berupa sembako, selain itu ada pula program-program pemberdayaan UMKM untuk masyarakat desa", ungkap Edi.

Baca juga: Terus Tunjukan Komitmen dan Terdepan di Sektor Bank Syariah, BSI Sabet Berbagai Penghargaan di 2023

Program Desa BSI

Program Desa BSI adalah salah satu program BSI yang bertujuan memberikan manfaat kepada umat. Program ini memiliki misi peningkatan skala ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi desa dengan pendayagunaan dana Zakat, Infaq, Shadaqah & Wakaf (ZISWAF).

Edi Eko Cahyono menyebut bahwa salah satu program Desa BSI yang saat ini telah berjalan yaitu di Kampung Wisata Mina Padi Samberembe.

"Kami melakukan pengembangan dengan menjadikan kampung ini sebagai kampung wisata edukasi teknologi perikanan dan pertanian dengan konsep integrated farming system,” jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat