androidvodic.com

Tekan Emisi Karbon, RSDH Teken Plakat Program Net Zero di Indonesia Sustainability Forum - News

Hasiolan EP/News

News, JAKARTA - Program pemerintah menggulirkan program net zero atau pengurangan emisi karbon mendapat dukungan banyak pihak termasuk dari pelaku usaha di sektor kesehatan.

Dukungan tersebut ditandai oleh penandatanganan plakat oleh lima grup rumah sakit di Indonesia  dalam acara Indonesia Sustainability Forum (ISF) yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bersama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) pada tanggal 7-8 September 2023 di Jakarta.

Satu di antara lima grup rumah sakit itu adalah Ramsay Sime Darby Health Care (RSDH) yang juga memiliki komitmen untuk menekan emisi karbon.

Penandatanganan ini diwakilkan oleh Wong Ching Yee selaku RSDH Corporate Chief Operating Officer.

Dr Hartono Tanto, RSDH Indonesia Chief Operating Officer mengatakan, penandatanganan ini juga merupakan rangkaian dari komitmen pihaknya yang akan segera meluncurkan program sustainability pada Oktober mendatang.

"Komitmen ini sudah dimulai pada tahun 2022 di mana RSDH merupakan grup rumah sakit pertama di Indonesia yang melakukan pembelian sertifikat energi terbarukan (Renewable Energy Certificate) dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). RSDH juga telah mengimplementasikan berbagai program untuk mengurangi emisi karbon, salah satunya adalah dengan menggunakan gas anastesi yang ramah lingkungan," katanya dikutip, Jumat (15/9/2023).

Berbagai program sustainability lainnya, kata dia, juga telah dirumuskan dan akan disampaikan pada acara peluncuran pada Oktober nanti.

“Kami memahami bahwa kesehatan dan lingkungan di sekitar kita saling terkait secara intrinsik, sehingga kami sadar bahwa sudah saat nya semua lini usaha secara bersama-sama mengambil peran dalam menjalankan komitmen ini, khusus nya bidang kesehatan. Kami berharap dapat berkontribusi dalam meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan serta memulihkan dan memperbaikinya, demi kepentingan kesehatan dan kesejahteraan generasi saat ini dan masa depan,” tambahnya.

Peter Hong selaku RSDH Group Chief Executive Officer menyampaikan dengan banyaknya perubahan iklim dan peristiwa bencana yang terjadi di seluruh dunia, inilah saatnya bagi semua pihak untuk mengambil peran dalam keberlanjutan secara lebih besar lagi.

"Di RSDH kami memiliki tiga pilar yang tergabung dalam program RSD Cares yaitu, Caring for Our People, Community dan Planet. Kami sangat berkomitmen dalam menjalankan agenda keberlanjutan pada seluruh wilayah bisnis operasi kami yaitu di Indonesia dan Malaysia. Di mana visi kami adalah menjadi penggerak bagi keberlanjutan di industri kesehatan pada kedua wilayah ini. Dengan mendorong efisiensi energi dan beralih ke energi bersih atau energi terbarukan, kami harap RSDH dapat membantu mitigasi iklim dengan paling tidak mengurangi kontribusinya terhadap polusi udara lokal.”

Peter menambahkan pihaknya berdedikasi pada perbaikan lingkungan yang mendorong masa depan berkelanjutan dan mengarah pada peningkatan sosial dan ekonomi terutama dalam komunitas tempat kami berbisnis.

Baca juga: Kejar Nol Emisi Karbon, Pembangkit Listrik Jawa 9 dan 10 Akan Gunakan Amonia Hijau

"Semoga komitmen RSDH dapat membantu membuat perbedaan nyata dalam masyarakat, sehingga tercipta lingkungan yang lebih sehat dan aman bagi kita semua,” katanya. (*/)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat