androidvodic.com

Peta Kekuatan Ridwan Kamil dan Mahfud MD Jika Jadi Cawapres Ganjar Pranowo Menurut Hasil Survei - News

News, JAKARTA -  Kandidat calon wakil presiden atau cawapres Ganjar Pranowo kabarnya mulai mengerucut ke dua sosok yakni Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Menko Polhukam Mahfud MD.

Informasinya dua bakal cawapres itu telah dipanggil Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri secara terpisah.

Jika pertimbangannya adalah tokoh yang memiliki basis pemilih di daerah maka Ridwan Kamil dan Mahfud MD adalah pilihannya.

Ridwan Kami dikenal punya basis pemilih besar di Jawa Barat dan pemilih milenial sementara Mahfud MD di Jawa Timur dan kalangan NU.

Bagaimana dengan hasil survei?

Hasil survei Litbang Kompas baru-baru ini memuat simulasi pasangan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) beserta persentase elektabilitasnya.

Dalam survei yang dilaksanakan pada Agustus 2023 tersebut, sebanyak lima tokoh populer disimulasikan menjadi cawapres pendamping Ganjar Pranowo yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Kelima tokoh tersebut adalah Ridwan Kamil (mantan Gubernur Jawa Barat), Erick Thohir (Menteri BUMN), Mahfud MD (Menkopolhukam), Sandiaga Uno (Menteri Parekraf), dan Agus harimurti Yudhoyono atau AHY (Ketua Umum Partai Demokrat).

Baca juga: Adu Keunggulan Ridwan Kamil dan Mahfud MD untuk Jadi Cawapres Ganjar di Pilpres 2024

Hasil Simulasi Survei

Dari simulasi tersebut, pasangan Ganjar-Ridwan Kamil meraih elektabilitas 34,8 persen, pasangan Ganjar-Erick Thohir meraih elektabilitas yang sama 34,8 persen.

Selanjutnya, pasangan Ganjar-Mahfud meraih 33,9 persen, Ganjar-Sandiaga Uno meraih 33,7 persen, dan Ganjar-AHY meraih 32,5 persen.

Namun, berdasarkan hasil survei yang sama, saat diposisikan sebagai bakal cawapres, tingkat keterpilihan Mahfud MD sebesar 3,7 persen.

Persentase tersebut berada di bawah keterpilihan sosok-sosok cawapres lainnya, seperti Ridwan Kamil (8,4 persen), Sandiaga Uno (8,2 persen), ataupun sosok Erick Thohir (8,0 persen).

Mengacu pada hasil survei Litbang Kompas yang membandingkan tingkat keterpilihan Mahfud MD dan Ridwan Kamil berdasarkan wilayah, Menkopolhukam tersebut meraih 52 persen di luar Jawa, sedangkan Ridwan Kamin mendapatkan 25,2.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat