androidvodic.com

Profil Valina Singka Subekti, Dosen Pembimbing Ganjar Saat Kuliah S2 di FISIP UI - News

News - Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo menyebut satu nama saat menghadiri rangkaian kegiatan Kuliah Kebangsaan di FISIP Universitas Indonesia (UI), Senin (18/9/2023).

Ia menyinggung nama salah satu dosen yang mengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI, yaitu Valina Singka Subekti.

Usut punya usut, Valina Singka Subekti adalah dosen pembimbing mantan Gubernur Jawa Tengah itu saat melanjutkan studi S2 di FISIP UI.

Pria berusia 54 tahun itu menyampaikan rasa terima kasih kepada Valina Singka Subekti, yang sabar membimbingnya selama studi S2.

Baca juga: Canda Ganjar Pranowo ke Mahasiswa UI: Dosen-dosennya Nyebelin dan Nilai Pelit

"Tanpa mengurangi rasa hormat, special thanks ini saya berikan kepada Prof Valina Singka Subekti (Guru Besar Ilmu Politik Universitas Indonesia)," tuturnya.

"Karena beliau dosen pembimbing saya, saya melihat wajah beliau yang stres, 'ini mahasiswa nulis jelek, konten ya kurang bagus'."

"Tapi dengan kesabaran beliau akhirnya saya mengerti apa itu ilmu politik dan coba saya terapkan di sini," ungkap Ganjar.

Profil Valina Singka Subekti

Pengamat Politik UI, Valina Singka Subekti berikan keterangan mengenai usia pemilih dalam Pemilu di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (6/3/2019)
Pengamat Politik UI, Valina Singka Subekti berikan keterangan mengenai usia pemilih dalam Pemilu di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (6/3/2019) (News)

Prof Dr Valina Singka Subekti MSi adalah seorang akademisi di Departemen Ilmu Politik FISIP UI.

Ia lahir di Singkawang, Kalimantan Barat pada 6 Maret 1961. 

Selain berprofesi sebagai akademisi, Valina pernah menjabat sebagai anggota MPR dari Fraksi Utusan Golongan pada periode 1999-2004.

Wanita berusia 62 tahun itu juga pernah menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2004-2007.

Valina merupakan salah satu Guru Besar di UI.

Bahkan prosesi pengukuhan Valina sebagai Guru Besar dilakukan bersamaan dengan sang suami, Prof Dr dr Imam Subekti, SpPD-KEMD pada Sabtu,12 Oktober 2019.

Dikutip dari ui.ac.id, ini adalah kali pertama sepasang suami istri dikukuhkan bersamaan menjadi Guru Besar dalam sejarah UI.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat