androidvodic.com

Dahnil Anzar Simanjuntak Bicara Kebijakan Menhan Prabowo Dalam Buku Politik Pertahanan - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Juru Bicara Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, meluncurkan buku berjudul Politik Pertahanan pada Rabu (20/9/2023) di kantor Kemhan Jakarta.

Dalam buku setebal 248 halaman tersebut, Dahnil menyampaikan di antaranya berbagai kebijakan pertahanan Prabowo selama menjavat sebagai Menhan.

Buku tersebut memuat berbagai topik mulai dari Pertahanan Rakyat Semesta, Pangan dan Pertahanan Negara, Memperkuat Diplomasi Pertahanan Kita, Politik Alutsista Prabowo Subianto, hingga Urgensi Komponen Cadangan TNI.

Usai peluncuran buku tersebut, Dahnil mengaku menemukan sejumlah tantangan dalam menulis buku tersebut.

Satu di antaranya, kata dia, adalah mempersempit jurang pengetahuan publik dengan pemangku kepentingan di bidang pertahanan.

"Jadi melalui buku ini sebenarnya saya ingin mempersempit gap itu, walaupun itu tidak mudah. Bahkan dikalangan teman-teman wartawan saja itu tidak mudah. Jadi setidaknya ada upaya itu," kata dia.

Selain itu, kata dia, tantangan selanjutnya adalah ia tak bisa mengungkap banyak hal khususnya yang detail.

Oleh sebab itu, kata dia, hal tersebut menjadi tantangan untuk dirinya sebagai Juru Bicara Prabowo di satu sisi, dan di sisi lain Juri Bicara Menteri Pertahanan.

Dalam konteks tersebut, ia menyadari  tantangan yang sama juga dialami Prabowo di satu sisi sebagai Ketua Umum Partai Gerindra dan di sisi lain sebagai Menteri Pertahanan.

"Padahal Anda perhatikan selama 3 sampai 4 tahun Pak Prabowo jadi Menhan, beliau nyaris tidak bicara politik tapi beliau fokus bicara pertahanan," kata dia.

"Baru sekarang karena sudah masuk tahun politik itu beliau mulai melakukan bicara politik, kenapa? Karena sejak awal Pak Prabowo ingin fokus kerja-kerja pertahanan dan buku ini setidaknya bisa merangkum apa yang menjadi kerangka besar visi pertahanan yang sudah dilakukan Pak Prabowo," sambung dia.

Kepala Biro Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha mengatakan selama empat tahun terkahir, Prabowo telah banyak melahirkan berbagai kebijakan, gagasan, dan terobosan di bidang pertahanan negara.

Ia mengatakan hal tersebut ditujukan untuk mendapatkan perubahan pertahanan negara yang lebih baik, lebih unggul, dan tangguh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat