androidvodic.com

Lebih dari Prosedur Keamanan Kerja, PT GNI Berperan Memajukan Ekonomi Desa Bunta hingga Desa Tanauge - News

News - Suatu perusahan bisa membawa begitu banyak dampak positif, salah satunya terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan desa setempat. Hal tersebut dapat dilihat dari kehadiran PT Gunbuster Nickel Industry (PT GNI) di Desa Bunta, Kecamatan Petasia Timur, Morowali Utara. 

Bukan hanya prosedur keamanan kerja di PT GNI saja yang menjadi perhatian, pihak perusahaan juga turut mendorong peningkatan kesejahteraan ekonomi warga setempat lewat kehadirannya di Kabupaten Morowali Utara, antara lain Desa Bunta hingga Desa Tanauge.

PT Gunbuster yang merupakan sebuah perusahaan smelter nikel yang berada di Morowali Utara, Sulawesi Tengah ini hadir sebagai perusahaan pengolah nikel yang bersinergi dalam program hilirisasi minerba. 

Perusahaan smelter terbesar di Indonesia tersebut memiliki keyakinan bahwa dengan ketenagakerjaan yang kondusif, maka dapat terbentuk juga iklim usaha yang kondusif.

Maka itulah, pihak perusahaan senantiasa menjalankan berbagai upaya yang mengedepankan keselamatan kerja dan kesejahteraan karyawannya, dimulai dari menerapkan prosedur keamanan kerja di PT GNI, hingga memberikan berbagai fasilitas. 

Rupanya, upaya membangun iklim yang kondusif tidak hanya diberikan  perusahaan kepada para karyawannya saja, melainkan juga kepada masyarakat di sekitar lokasi perusahaan smelter tersebut. 

Kepala Desa Bunta Christol Rizal Lolo mengatakan, gambaran Desa Bunta sebelum adanya  PT Gunbuster adalah desa yang terpinggir. Masyarakat hanya fokus pada berkebun, memeka (memancing), dan mensewatop (menjahit atap). Sejak PT GNI masuk ke Desa Bunta pada 2019, segala proses yang ada di perusahaan tersebut turut berkontribusi secara signifikan bagi perekonomian daerah. 

Terlebih, hadirnya  PT Gunbuster telah membuka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat dan mampu menyerap ribuan pekerja. Diketahui, hingga saat ini PT GNI telah menyerap lebih dari 10.000 pekerja. 

“Masuknya PT GNI membuat semua berubah. Hari ini sudah terlihat banyak yang berubah menjadi lebih baik dan dalam waktu 1,3 tahun sudah ada 85 unit kos-kosan yang dibangun, ada pula 7 BRILink yang dibangun, serta serapan tenaga kerja yang dilakukan perusahaan ini juga cukup besar,” ungkap Christol. 

Christol menambahkan bahwa  PT Gunbuster juga membantu masyarakat dalam pembangunan infrastruktur desa, salah satunya adalah akses jalan yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk beraktivitas. 

“Kalau kita melihat kemarin ada jalan yang kurang bagus atau rusak, kami akan meminta bantuan kepada PT GNI untuk memperbaiki jalan. Ini dilakukan karena ini merupakan kepentingan kita bersama,” ujar Christol. 

Baca juga: Berdayakan UMKM Lokal, PT GNI Dukung Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Sekitar Smelter

Dukung UKM-UKM lokal di Desa Bunta

Keberadaan  PT Gunbuster Nickel yang baru sekitar hampir lima tahun di Desa Bunta ini dirasa telah memberikan banyak kontribusi yang signifikan bagi kehidupan masyarakat setempat. Salah satu manfaat perekonomian yang diberikan perusahaan ini adalah bantuan terhadap nelayan lobster di Morowali Utara (Morut). 

Seorang pembudidaya lobster di Morut, Andri Muhammad Sondeng, mengatakan, PT GNI telah banyak memberikan bantuan terhadap budidaya lobster yang dikembangkan oleh nelayan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat