androidvodic.com

Tugas Misi Perdamaian Dunia Selesai, Pasukan Garuda Bhayangkara FPU 4 Terima Lencana Kehormatan - News

News, JAKARTA - Wakapolri Komjen Agus Adrianto memimpin upacara purna tugas Kontingen Garuda Bhayangkara Satgas Formed Police Unit (FPU) 4 Minusca, Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Agus yang mewakili Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo ini memberikan lencana kehormatan Satyalancana Bhakti Buana dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu sebagai bentuk penghargaan untuk 158 anggota polisi yang terdiri 140 anggota FPU 4 dan 18 orang Individual Police Officer (IPO) setelah selesai menjalankan tugas misi perdamaian dunia.

"Atas nama institusi Polri saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas pengabdian terbaik yang rekan-rekan tunjukkan di kancah internasional," kata Agus di gedung Rupatama, Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Presiden Jokowi, kata Agus, menyampaikan apresiasi terhadap Polri dalam keterlibatannya untuk menjaga perdamaian dunia.

"Bapak Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa Indonesia bangga berkontribusi terhadap perdamaian dan keamanan dunia. Misi pemeliharaan perdamaian adalah mandat dari konstitusi Indonesia sebagai manifestasi kontribusi Indonesia ke dunia untuk menciptakan reputasi negara dan bangsa yang baik," ungkap Agus.

"Pada kesempatan yang baik ini pula negara memberikan penghargaan Satyalancana Bakti Buana kepada para peacekeeper Polri yang telah menunjukan disiplin dan tanggung jawab tinggi serta berjasa dalam melaksanakan tugas kepolisian internasional di luar negeri," sambungnya.

Mantan Kabareskrim Polri ini menyampaikan pesan kepada para peacekeeper tersebut agar tidak puas atas capaiannya dalam memberikan kontribusi khususnya untuk Indonesia.

"Teruslah kembangkan kapasitas di tempat bertugas jadikanlah polisi yang memberikan solusi atas peemasalahan yang dihadapi masyarakat dan cintailah masyatakat untuk mewujudkan polri yang prediktif, responbilitas, transparasi, berkeadilan," tuturnya.

"Selamat datang kembali di tanah air, selamat bergbung kembali dikesatuan masing-masing, serta teruslah memberikan pengabdian dan karya terbaik untuk masyarakat dan bangsa," pesannya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo resmi melepas kontingen pasukan perdamaian dunia Garuda Bhayangkara Satgas FPU 5 Minusca ke Afrika Tengah untuk menggantikan kontingen sebelumnya.

Pelepasan itu dilakukan di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta pada Selasa (19/9/2023) untuk melakukan misi perdamaian dunia.

"Saat ini polri kembali mengirimkan kontingen Garuda Satgas FPU 5 minuska dalam misi pemerliharaan perdamaian PBB di Bangui  Afrika Tengah," kata Sigit dalam sambutannya.

Nantinya, kata Sigit, pasukan tersebut akan menangani sejumlah misi di negara yang berkonflik mulai dari penanganan kekerasan seksual, terorisme, radikalisme hingga penegakan hukum sehingga dibutuhkan peran serta unsur kepolisian. 

Baca juga: Kapolri Lepas 116 Polisi dan 24 Polwan Pasukan Perdamaian Dunia Garuda Bhayangkara ke Afrika Tengah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat