androidvodic.com

Di Rakernas PDIP, Megawati Sebut Koridor Pembangunan Nasional Ke Depan Harus Dimulai Dari Laut - News

News - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri secara tegas meminta agar politik tata ruang harus memastikan lahan-lahan subur tidak boleh dialihfungsikan.

Permintaan itu disampaikan Megawati kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pidato pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023). Turut hadir Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin di kegiatan tersebut.

"Di tempat ini saya ingin meminta sedikit supaya di dalam peraturannya tanah-tanah subur agar tidak dikonversi Bapak Presiden," tegas Megawati, yang disambut dengan tepuk tangan ribuan kader PDIP yanh hadir di lokasi.

Presiden Kelima RI ini pun mengingatkan bahwa Indonesia merupakan negara kelautan terbesar di dunia. Di mana, koridor pembangunan nasional ke depan harus dimulai dari laut dengan mengedepankan cara pandang geopolitik Bung Karno.

Baca juga: Megawati: Pangan Bisa Jadi Lambang Supremasi Indonesia di Masa Depan, Petani-Nelayan Jadi Sentral

Apalagi, Megawati menyebut dirinya bersama sejumlah ahli dan peneliti di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah membuat peta Indonesia untuk tanah yang subur.

"Koridor strategis ini ditopang oleh perguruan tinggi di setiap wilayah dengan memanfaatkan geostrategis dan geometer integrasi dengan jalur perdagangan dunia," kata Megawati.

Megawati juga menilai bahwa Alur Laut Kepualauan Indoensia (ALKI) harus menjadi jalur pembangunan koridor strategis dari laut.

Baca juga: Antisipasi Impor, Megawati Berpesan ke Jokowi untuk Cari Bahan Pangan Pengganti Gandum

"Sehingga tidak lagi mengorbankan hutan dan lahan-lahan pertanian di daratan," jelas Megawati.

Rakernas IV PDIP berlangsung selama tiga hari mulai 29 September sampai 1 Oktober 2023. Adapun, tema Rakernas IV PDIP adalah 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia' dengan sub tema 'Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia'.(*)

Baca juga: Petani dan Nelayan Dihadirkan di Rakernas IV PDIP, Megawati Ingatkan Cerita soal Marhaen

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat