androidvodic.com

Tarif Kereta Cepat Whoosh, Jokowi: Antara Rp 250-300 Ribu - News

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan Kereta Cepat Jakarta Bandung yang diberi nama Whoosh. Peresmian dilakukan di Stasiun Halim, Jakarta, pada Senin (2/10/2023) pagi.

Meski telah resmi dioperasikan, tarif Kereta Cepat tersebut belum diputuskan.

Jokowi mengatakan pemerintah akan segera memutuskan tarif modal transportasi hasil kerjasama Pemerintah Indonesia dengan China tersebut.

Baca juga: Pengamat Minta Kereta Argo Parahyangan Modifikasi Rute Usai Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diresmikan

"Tarif nanti segera kita putuskan," katanya usai menjajal Kereta Cepat di Stasiun Padalarang, Bandung, Jawa Barat.

Tarif kereta cepat kata Jokowi akan berada pada kisaran angka Rp 250 Ribu- Rp300 ribu. Sambil menunggu keputusan tarif resmi, Pemerintah memperpanjang uji coba gratis kereta cepat hingga pertengahan Oktober.

"Tapi kurang lebih antara 250 sampe 350 (ribu) kurang lebih. Dan ini kita perpanjang untuk gratisnya kira-kira sampai pertengahan bulan," katanya.

Jokowi mengatakan setelah beberapa kali menjajal kereta cepat, kenyamanannya tetap sama. Sejauh ini kata Presiden tidak perlu ada yang perlu dievaluasi.

"Sementara ini engga ada," pungkasnya.

Baca juga: Mulai Besok Kereta Cepat Whoosh Gratis untuk Masyarakat

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan Kereta Cepat Jakarta Bandung. Peresmian dilakukan di Stasiun Halim, Jakarta, pada Senin pagi, (2/10/2023).

Presiden menekan tombol sirine dan menandatangani prasasti tanda kereta cepat tersebut dioperasikan.

"Dengan mengucapp bismillahiromanirohim kereta cepat Jakarta Bandung Whoosh saya nyatakan dioperasikan," kata Jokowi.

Presiden mengatakan Kereta Cepat Jakarta Bandung merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan di Asia Tenggara. Kereta bernama Whoosh tersebut memiliki kecepatan 350 Km per jam.

"Dengan kecepatan 350 km per jam. Kereta Cepat ini kita namakan Whoosh, W, H, o, o, S, h, dibaca whooosh," katanya.

Penamaan Whoosh ini kata Jokowi, diinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecaepeatan tinggi. Whoosh juga merupakan singkatan dari waktu hemat operasi optimal sistem hebat.

"Kereta cepat Jakarta Bandung ini menandai modernisasi transportasi massal kita yang efisien yang ramah lingkungan dan terintergasi dengan  moda transportasi lainnya maupun terintergasi dengan TOD, transit oritented development," pungkasnya.

Turut hadir dalam acara peresmian Menko kemaritiman da investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Seskab Pramono Anung.

Selain itu Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Ketua Wantimpres Wiranto, Anggota Wantimpres Agung Laksono, Anggota Wantimpres Putri Kus Wisnu Wardani, Anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto.
Ketua MPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad, Jazilul Fawaid, Arsul Sani.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat