androidvodic.com

Jelang HUT Ke-78 TNI Kasum Pimpin Upacara dan Tabur Bunga di Makam BJ Habibie dan Pahlawan Revolusi  - News

News, JAKARTA - Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Lejten TNI Bambang Ismawan memimpin Upacara Ziarah Peringatan HUT Ke-78 TNI Tahun 2023 di Taman Makam Pahlawan Utama Kalibata, Jakarta Selatan pada Rabu (4/10/2023).

Setelah upacara dan mendoakan arwah para pahlawan, Bambang beserta sejumlah Perwira Tinggi TNI yang bertugas di jajaran Mabes TNI melaksanakan tabur bunga di pusara para pahlawan.

Pertama, Bambang meletakan karangan bunga dan menaburi bunga di makam Presiden RI ke-3 Almarhum Prof. DR. Ing. B.J. Habibie.

Baca juga: VIDEO Atraksi Pesawat Tempur Hingga Aksi Terjun Payung Bakal Meriahkan HUT ke-78 TNI

Selanjutnya, Bambang juga melakukan tabur bunga di makam para Pahlawan Revolusi di antaranya Jenderal TNI Ahmad Yani, Letjen TNI (Anumerta) R Soeprapto, Letjen TNI (Anumerta) MT Haryono, dan Letjen TNI (Anumerta) S Parman.

Tampak juga para perwira tinggi TNI menaburkan bunga di makam mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono dan mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo.

Ziarah Nasional dan Tabur Bunga juga dilaksanakan secara serentak antara lain di makam Presiden Pertama RI Ir. Soekarno di Blitar, makam Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid di Jombang, Jenderal Besar HM. Soeharto di Solo dan makam Panglima Besar Jenderal Soedirman di TMP Kusuma Negara Semaki Yogyakarta.

Usai tabur Bunga, Bambang mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka HUT ke-78 TNI

"Kita melaksanakan ziarah ini dalam rangka menghormati mengingat kembali jasa-jasa para pahlawan kita yang telah mengorbankan harta terbaiknya, yaitu jiwa dan raganya untuk kepentingan bangsa dan negara," kata Bambang.

"Harapannya adalah kita sebagai generasi penerus dapat menjadikan inspirasi apa yang sudah diberikan oleh para pahlawan kita," sambung dia.

Bambang mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Di daerah-daerah lain, kegiatan dipimpin oleh para pimpinan TNI di masing-masing daerah. 

"Pagi hari ini Panglima (Laksamana Yudo Margono), beliau ziarah ke makam Panglima Besar Jenderal Soedirman di Yogyakarta, sehingga beliau di sana, beliau memerintahkan saya untuk mewakili di sini," kata dia.

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Lejten TNI Bambang Ismawan memimpin Upacara Ziarah Peringatan HUT Ke-78 TNI Tahun 2023 di Taman Makam Pahlawan Utama Kalibata, Jakarta Selatan pada Rabu (4/10/2023).
Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Lejten TNI Bambang Ismawan memimpin Upacara Ziarah Peringatan HUT Ke-78 TNI Tahun 2023 di Taman Makam Pahlawan Utama Kalibata, Jakarta Selatan pada Rabu (4/10/2023). (News/Gita Irawan)

Dalam kegiatan tersebut, tampak hadir Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen Agus Subiyanto dan Wakil Kepala Staf Angkatan Udara Marsdya A Gustaf Brugman.

Hadir pula tiga Pangkogabwilhan TNI di antaranya Pangkogabwilhan I Laksamana Madya Erwin S Aldedharma, Pangkogabwilhan II Marsdya Andyawan Martono Putra, dan Pangkogabwilhan III Letjen Richard TH Tampubolon.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat