androidvodic.com

Wapres Beri Penghargaan ke News Atas Dukungan Percepatan Pengurangan Stunting - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA -- Wakil Presiden Maruf Amien memberikan Penghargaan Pemerintah RI atas dukungan terhadap program penurunan stunting.

Maruf Amin juga sempat memberikan piagam penghargaan kepada CEO News, Dahlan Dahi, atas dukungan terhadap program pengentasan stunting tersebut.

Penghargaan Pemerintah RI diserahkan Wapres KH Ma'ruf Amien atas Dukungan dan Komitmen Dalam Program Percepatan Penurunan Stunting untuk Mewujudkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Andal kepada CEO Tribun Network Dahlan Dahi, di istana wapres, Jumat (6/10/2023) sore.

Baca juga: Stunting Masih Ditemukan, Kepala BKKBN Ungkap Pentingnya Hidup Bersih dan Sehat

Percepatan penurunan stunting sejak tahun 2018 telah berhasil menurunkan hingga 9,2 persen poin dalam 4 tahun terakhir, hal ini merupakan hasil kerja bersama para pihak.

Namun demikian untuk mencapai target penurunan prevalensi stunting menjadi 14 persen pada tahun 2024, masih diperlukan konsolidasi dan koordinasi seluruh pemangku kepentingan baik di pusat maupun daerah.

Sesuai dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, Sekretariat Wakil Presiden menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan Penurunan Stunting tahun 2023, Jumat (6/10/2023).

Baca juga: Kepala BKKBN Ungkap Pentingnya Ubah Perilaku Masyarakat Untuk Cegah Stunting

Dalam rangkaian acara tersebut, akan dilakukan penyerahan secara simbolis pemberian Insentif Fiskal Kinerja Tahun Berjalan untuk Kategori Penurunan Stunting Tahun Anggaran 2023 dan penghargaan kepada mitra Pemerintah yang telah berkontribusi dalam percepatan penurunan stunting.

Target Turun Hingga 14 Persen

Pemerintah menargetkan prevalensi stunting di Indonesia turun hingga mencapai 14 persen pada tahun 2024.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengungkapkan hingga saat ini prevalensi stunting masih di angka 21,6 persen.

Hingga akhir tahun ini, Hasto mengatakan Pemerintah menargetkan angka stunting pada 17,8 persen.

Penghargaan Pemerintah RI diserahkan Wapres KH Ma'ruf Amien atas Dukungan dan Komitmen Dalam Program Percepatan Penurunan Stunting untuk Mewujudkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Andal kepada  CEO Tribun Network Dahlan Dahi, di istana wapres, Jumat (6/10/2023) sore
Penghargaan Pemerintah RI diserahkan Wapres KH Ma'ruf Amien atas Dukungan dan Komitmen Dalam Program Percepatan Penurunan Stunting untuk Mewujudkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Andal kepada CEO Tribun Network Dahlan Dahi, di istana wapres, Jumat (6/10/2023) sore (Istimewa)

"Jadi target 14 persen itu tahun 2024, itu bukan tahun sekarang, tahun ini targetnya akhir tahun ini 17,8 persen harapannya. Hari ini angkanya 21,6 persen," ujar Hasto pada Hakorteknas Stunting di Hotel Mercure Kemayoran, Jakarta, Kamis (5/9/2023).

Kementerian Kesehatan, kata Hasto, akan melakukan survei terkait angka stunting terbaru pada akhir tahun ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat