androidvodic.com

Malaysia Keluhkan Asap Karhutla di RI, Jokowi: Sudah Diperintahkan Tangani Titik Api Sekecil Apapun - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi angka bicara soal keluhan dari Malaysia yang mengeklaim wilayahnya tertutup kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatra dan Kalimantan.

Jokowi memastikan hal tersebut tengah ditangani.

"Yang terpenting saya sudah perintah kepada Panglima TNI dan Kapolri serta Pemda untuk bisa menangani sekecil apapun titik api harus ditangani agar tidak membesar," kata Jokowi saat ditemui di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (7/10/2023).

Baca juga: Malaysia Surati Indonesia Soal Karhutla, KLHK Nyatakan Tak Ada Asap yang Lintasi Batas Negara

Jokowi melanjutkan, panas terik matahari saat ini melebihi yang biasanya terjadi sehingga mengakibatkan kemarau panjang.

Namun, Jokowi menjelaskan, karhutla juga melanda wilayah lain.

"Tidak hanya di Indonesia kebakaran hutan terjadi, di Amerika Serikat, di Kanada, dan kita di sini bisa mengendalikan dengan baik, coba bandingkan dengan 2015 masih lebih jauh sekali tetapi memang dampak kebakaran itu mengeluarkan asap, dan asapnya kalau kena angin bisa ke mana-mana," pungkas dia.

Diketahui, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyatakan hingga hari ini, 7 Oktober 2023, tak ada asap kebakaran lahan di Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah yang melintasi batas negara terdekat seperti Malaysia.

Hal ini merujuk data pemantauan dari ASEAN Specialised Meteorological Centre (ASMC) yang berlokasi di Singapura, serta data milik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) KLHK, Laksmi Dewanti mengatakan pihaknya secara khusus memantau terjadinya kebakaran hutan pada minggu ke-4 bulan September 2023 yakni pada tanggal 26-28 hingga 7 Oktober. Hasil pemantauan dari data ASMC dan BMKG, menyatakan tak terdeteksi terjadinya asap lintas batas.

"Kita memantau khususnya sejak terjadinya kebakaran hutan yang cukup banyak pada minggu ke-4 bulan September kemarin, jadi 26-28 hingga hari ini, 7 Oktober tadi pagi jam 7, itu tidak terdeteksi adanya asap lintas batas," kata Laksmi dalam konferensi pers di Arborea Cafe Manggala Wanabakti, Kementerian LHK, Jakarta, Sabtu (7/10/2023).

KLHK mengatakan memang ada konsentrasi asap pekat pada lokasi terjadinya kebakaran hutan di daerah Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Namun meski ada potensi asap lintas batas, tapi berdasarkan data, asap tersebut terpantau hanya berada di wilayah Indonesia.

Pasalnya lanjut Laksmi, jika terjadi asap lintas batas, maka satelit Himawari milik BMKG dan ASMC akan memberikan alert atau peringatan untuk menginformasikan kejadian tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat