androidvodic.com

Prabowo Puji Try Sutrisno, SBY, Wiranto, dan Agum Gumelar Sebagai Tokoh yang Perjuangkan Demokrasi - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memuji sejumlah Jenderal Purnawirawan sebagai tokog yang memperjuangkan demokrasi dan reformasi.

Mereka di antaranya Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang didampingi putranya Agus Harimurti Yudhoyono, Wakil Presiden Ke-6 RI Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, Jenderal TNI (Purn) Wiranto, dan juga Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar.

Hal tersebut disampaikannya saat gala dinner atau makan malam bersama dalam rangka HUT Ke-78 TNI di kantor Kementerian Pertahanan RI Jakarta pada Senin (9/10/2023).

Baca juga: Presiden Jokowi Duduk Diantara Prabowo dan SBY Saat Upacara Parade Senja Dalam Rangka HUT Ke-78 TNI

"Saudara-saudara sekalian, para junior, mereka-mereka inilah di belakang layar dan di depan layar. Pak Try, Pak Wiranto, Pak SBY, Pak Agum. Mereka yang mengawal proses reformasi sehingga kita dapat menikmati demokrasi yang kita miliki sekarang, dan sampai sekarang pun mereka terus memberi contoh dalam mengawal demokrasi," kata Prabowo.

Prabowo mengaku bangga dengan kehadiran mereka dalam acara tersebut.

Prabowo mengatakan mereka adalah tokoh-tokoh sejarah. 

"Saya kira dalam sejarah dunia sedikit, sedikit contoh suatu tentara yang mundur dari peran politik secara sukarela dan mengutamakan kepentingan bangsa dan memperjuangkan demokrasi dan reformasi," kata dia.

Baca juga: VIDEO WAWANCARA EKSKLUSIF Projo Hampir Pasti Dukung Prabowo Subianto

"Saya kira ini adalah semangat kita semua dan saya bangga saya merupakan bagian dari proses itu," sambung dia.

Ia mengatakan acara tersebut adalah bagian dari serangkaian acara peringatan yang dimaksudkan untuk mengingatkan pentingnya sejarah dan melanjutkan nilai-nilai yang telah diwarisi dari pendiri-pendiri bangsa dan pendiri-pendiri TNI. 

Nilai-nilai yang dimaksud Prabowo di antaranya cinta tanah air, sepi ing pamrih rame ing gawe, rela berkorban, dan semangat mengutamakan kepentingan bangsa dan rakyat di atas kepentingan golongan.

Acara tersebut, kata dia, juga dimaksudkan sebagai bentuk kesinambungan antara generasi. 

Ia berterima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para senior, sesepuh, dan pimpinan yang terus menerus menunjukkan keteladanan dalam setiap langkah pengabdian kepada negara dan bangsa.

"Keteladanan senior-senior kami inilah yang memberi insipirasi, dedikasi kepada kita sekalian. Kesetiaan dan pengorbanan besar yang mereka berikan dan telah memberikan dan terus berikan sampai hari ini, sungguh suatu contoh yang perlu kita banggakan," kata dia.

"Untuk itu saya mengucapkan terima kasih atas kesetiaan dan suri tauladan para senior kita yang hadir di sini," sambung dia.

Baca juga: Di Hadapan Alumni HMI Prabowo Akui Masih Banyak Kekurangan, Terus Berjuang Demi Kesejahteraan Rakyat

Ia mengajak seluruh hadirin untuk mengingat bahwa TNI adalah tentara nasional, tentara rakyat, dan tentara pejuang.

Hal tersebutlah, kata dia, yang dibuktikan oleh pendiri-pendiri TNI. 

"Dan juga kita merasa bangga bahwa TNI selalu membuktikan, bahwa TNI mendahulukan kepentingan bangsa di atas segala kepentingan lain," kata Prabowo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat