androidvodic.com

Asal Mula Munculnya Kisah Mistis Kampung Mati di Cepoko Semarang, Semua Gara-gara Penjarahan - News

News, JAKARTA -  Sebuah kampung di RT 4 RW 1 Kelurahan Cepoko Gunungjati, Kota Semarang, Jawa Tengah, belakangan ramai jadi perbincangan karena disebut sebagai kampung mati dan tak berpenghuni.

Sebuah video yang menarasikan kampung mati tersebut beredar di media sosial dan dideskripsikan bahwa di kampung mati tersebut banyak dijumpai gangguan mistis.

Narasi video tersebut juga menyebutkan bahwa banyak warga yang menjadi korban gangguan mistis di lokasi itu.

Tribun Jateng yang melakukan penelusuran langsung ke lokasi, warga sekitar tidak tahu mengenai adanya "kampung mati" di kelurahan tersebut.

Setelah mencari informasi lebih detail, sekitar 50 meter dari gang depan kantor Kelurahan Cepoko lokasi yang dimaksud ditemukan.

Saat tiba di lokasi yang disebut kampung mati, terlihat belasan rumah yang sudah tak berpenghuni. Rumah-rumah itu memiliki desain yang megah, jauh dari dekorasi bangunan lawas yang khas terbuat dari dinding kayu.

Namun rumput liar sudah menjulang tinggi menutupi bangunan, beberapa bagian rumah hilang dan ada yang sudah dirobohkan.

Di antara belasan rumah tersebut, ada satu rumah di sekitar lokasi yang digunakan aktivitas bisnis grosir gas LPG. Juga, satu rumah di sebelahnya yang digunakan pengolahan pupuk kandang.

Baca juga: Cerita di Balik Viral Kampung Mati di Cepoko Semarang, Ditinggal Penghuni karena Kasus Pencurian

Tanggapan warga sekitar

Warga Cepoko Raya, Eri mengatakan kawasan tersebut bukanlah kampung mati seperti informasi yang tersebar di beberapa video. Menurut Eri, dahulu lokasi itu sebagai tempat bisnis properti.

"Nggak bener itu kampung mati. Dulunya untuk simpanan barang barang, bukan dihuni," kata Eri Sabtu (14/10/2023).

Musanusi, satu di antara pekerja yang ikut membangun rumah tersebut mengaku kaget, saat mendengar bekas proyek rumahnya kini disebut sebagai kampung mati.

"Ini harus diluruskan. Jadi bukan kampung mati, dulunya memang ada aktivitas di situ. Ada yang menghuni, tapi bukan berarti kampung mati," ucapnya Sabtu (14/10/2023).

Baca juga: Fakta Viral Kampung Mati di Semarang, Warga Ungkap Alasan Belasan Rumah Terbengkalai: Ada Garong

Terjadi penjarahan 

Menurutnya, dahulu lokasi tersebut menjadi kompleks perumahan golongan menengah yang dibangun sekitar tahun 1980-an.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat