androidvodic.com

World Water Forum: Krisis Air Jadi Masalah Serius yang Terus Dihadapi Dunia - News

Laporan Wartawan News Rina Ayu

News, JAKARTA - Director of Asia Pacific World Water Council & 10th World Water Forum, Yoon-Jin Kim menyebut bahwa krisis air merupakan salah satu masalah serius yang dihadapi dunia saat ini.

Kekurangan air bersih dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti kekeringan, banjir, dan penyebaran penyakit hingga 'perang kecil.'

Hal tersebut dikatatan dalam Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema ‘Kolaborasi Global Antisipasi Krisis Air Dampak Perubahan Iklim’, Senin (16/10/2023).

Dilanjutkan Kim, dampak perubahan iklim kini telah memperburuk situasi tersebut.

“Perubahan iklim menyebabkan berbagai perubahan pada siklus hidrologi, seperti peningkatan suhu udara, penguapan, dan perubahan pola curah hujan. Hal ini menyebabkan ketersediaan air bersih menjadi lebih tidak merata dan sulit diprediksi,” ujarnya.

Akibatnya, penanganan krisis air menjadi lebih sulit.

Oleh karena itu, pemerintah dan pihak-pihak terkait harus bekerja lebih keras untuk mengatasi dampak perubahan iklim dan krisis air.

"Kita perlu berpikir membuat air lebih berkelanjutan, kami sangat mendorong kerja sama dari berbagai stakeholder di WWF Ke-10," kata Kim.

Baca juga: Lewat Embung Tirta Mulya, Warga Desa Tegalmulyo Terbantu Hadapi Krisis Air Akibat Kemarau

Dia memaparkan, salah satu akar dari krisis ini adalah masalah ketersediaan air yang mendalam.

Seiring pertumbuhan populasi dan industrialisasi yang cepat, permintaan akan air bersih terus meningkat. Sumber-sumber air alami, seperti sungai dan danau yang sebelumnya mencukupi, kini mengalami penurunan volume air yang signifikan.

Hal ini memicu pada ketidaksetaraan dalam akses air bersih.

Maka dari itu, pentingnya menjaga keseimbangan ketersediaan air di daerah dan perkotaan.

Hal ini penting untuk mencegah dampak perubahan iklim yang lebih parah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat