androidvodic.com

Pemerhati Sejarah Tionghoa Novi Basuki Terima Marga Tionghoa dari PSMTI - News

Hasiolan EP/News

News - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) memberikan marga Tionghoa kepada pemerhati sejarah Tionghoa, Novi Basuki.

Adapun Pria kelahiran Situbondo, 11 September 1992 ini menerima marga Tionghoa Wang dengan nama tionghoa Wang Xiao Ming yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum PSMTI Pusat Wilianto Tanta.

Novi Basuki adalah seorang penulis, peneliti, dan pakar Islam di Tiongkok, juga dikenal dengan nama Wang Xiaoming 王小明.

Baca juga: Hadiri HUT Ke-25 PSMTI, Ganjar Ajak Semua Pihak Berkolaborasi untuk Pembangunan Indonesia

Dilansir dari Wikipedia, ia memfokuskan perhatiannya pada politik, agama, sejarah, dan hubungan luar negeri Republik Rakyat Tiongkok dengan Indonesia.

Sesudah menyantri di Pondok Pesantren Nurul Jadid, Probolinggo, Novi sejak 2010 melanjutkan pendidikannya di beberapa perguruan tinggi di Tiongkok dengan Beasiswa Pemerintah Tiongkok (Chinese Government Scholarship).

Studi doktoralnya ditempuh di Universitas Sun Yat-sen setelah sebelumnya menyelesaikan pendidikan sarjana dan masternya di Universitas Huaqiao dan Universitas Xiamen.

Bentuk Apresiasi di Hari Jadi

Adapun pemberian marga ke Novi Basuki tersebut dilakukan PSMTI dalam rangka merayakan hari jadi ke-25 sebagai organisasi kemasyarakatan yang bersifat sosial, budaya, dan kemasyarakatan.

Acara bersejarah ini diadakan di Taman Mini Indonesia Indah dan menjadi momen penting bagi suku Tionghoa di Indonesia.

Pada momen itu, PSMTI juga memberikan penghargaan terhadap sejumlah tokoh.

“Hari ini kita berkumpul, selain merayakan hari ulang tahun PSMTI yang ke 25, tahun perak, kita juga merayakan festival kue bulan yang jatuh pada September kemarin. Lebih dari 5000 tamu hadir pada hari ini yang merupakan anggota PSMTI dari seluruh Indonesia. Dalam bentuk apresiasi PSMTI kepada tokoh-tokoh Tionghoa yang berjasa, PSMTI bersama MarkPlus Institute menyelenggarakan pemberian penghargaan “Apresiasi Prestasi Tokoh Tionghoa-Indonesia” kepada 25 tokoh sesuai dengan usia PSMTI,” ungkap Ketua Panitia HUT Ke-25 PSMTI , Peng Suyoto yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum PSMTI Pusat ini. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat