androidvodic.com

Prakiraan Cuaca Hari Ini, 18 Oktober 2023 - BMKG: 18 Wilayah Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang - News

News - Simak peringatan dini cuaca hari ini di Indonesia, Rabu, 18 Oktober 2023.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah menghimpun data prakiraan cuaca hari ini, dan diperkirakan terjadi hujan lebat disertai angin di sejumlah daerah.

Dari pengamatan BMKG prakiraan cuaca hari ini, terdapat 18 wilayah di Indonesia yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Mengutip laman BMKG, hal itu terjadi karena sirkulasi Siklonik terpantau di Samudera Pasifik Sebelah Timur Filipina yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di samudera Pasifik utara Papua.

Konvergensi lainnya terpantau di Sumatera Utara, perairan Kepulauan Riau, Laut Natuna, laut Cina selatan Barat Kalimantan, Kalimantan Barat, Papua Barat, dan Papua bagian tengah.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Baca juga: Merawat Kulit dari Luar dan Dalam untuk Jaga Kecantikan Kulit Alami di Saat Cuaca Ekstrem

Peningkatan Kecepatan Angin lebih dari 25 knot terpantau di Laut Jawa, dan Samudera Hindia sebelah selatan Jawa Tengah yang mampu meningkatkan ketinggian gelombang di wilayah perairan sekitarnya.

Labilitas Lokal Kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Berikut daftar wilayah di Indonesia yang yang diperkirakan berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang dikutip dari web.meteo.bmkg.go.id:

Cuaca Hari Ini di Wilayah Indonesia

Rabu, 18 Oktober 2023

  • Daftar wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Kalimantan Barat

- Kalimantan Tengah

- Kalimantan Utara

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat