androidvodic.com

Wamenkes Minta Penyedia Alkes Dukung Ketahanan Sistem Kesehatan Nasional - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengajak Perkumpulan Organisasi Perusahaan Alat-alat Kesehatan dan Laboratorium (GAKESLAB) untuk membantu transformasi kesehatan yang digagas Pemerintah.

Dirinya mengajak semua pihak untuk membantu ketahanan kesehatan di Indonesia.

"Khususnya soal tingkat ketahanan kesehatan yang sedang dilakukan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,” kata Dante.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dante saat acara pengukuhan dan rapat pleno pengurus GAKESLAB masa bakti 2023-2027 di Hotel The St. Regis, Jakarta.

Dante mengatakan GAKESLAB telah banyak berkontribusi terhadap dunia medis Tanah Air.

"Misalnya, GAKESLAB membantu dalam pengembangan pelatihan baik peneliti dan pelaku usaha alat kesehatan. Kedua, selalu memberikan masukan kepada pemerintah dalam merumuskan kebijakan dalam negeri, diantaranya melalui business matching dan joint venture,” ujar Dante.

Pada kesempatan itu, Dante menaruh harapan kepada kepengurusan baru GAKESLAB yang baru saja dikukuhkan.

Dirinya berharap pengurus GAKESLAB masa bakti 2023-2027 dapat melanjutkan capaian positif dari kepengurusan sebelumnya.

“Saya percaya bahwa transformasi kesehatan dapat terlaksana dan saya juga percaya bahwa GAKESLAB akan berkontribusi besar di dalamnya,” tutur Dante.

Sementara Wakil Ketua Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Emanuel Melkiades Laka Lena mengatakan bahwa transformasi kesehatan tidak akan bisa lepas dari keterlibatan GAKESLAB sebagai pelaku industri alat kesehatan.

"Kami mendorong GAKESLAB yang memiliki ribuan perusahaan ini, baik itu di industri alkes dan laboratorium, benar-benar bisa bekerja dengan baik sampai di level daerah untuk memastikan proses transformasi kesehatan dapat terjadi,” ungkapnya.

Ketua Umum GAKESLAB Kartono Dwidjosewojo mengaku bahwa pihaknya terus berupaya mengembangkan dan meningkatkan industri kesehatan di dalam negeri. Bersama Pemerintah dan instansi swasta, GAKESLAB terus berupaya menjadi pilar bisnis healthcare di Indonesia.

"Juga membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sehingga para anggota GAKESLAB bisa dengan mudah mendapatkan resource product alat kesehatan (alkes) secara nasional," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat