androidvodic.com

Gantikan Komjen Anang Sebagai Dankor Brimob Polri, Irjen Imam Widodo Fokus Amankan Pemilu 2024 - News

Laporan wartawan News, Fahmi Ramadhan

News, JAKARTA - Irjen Pol Imam Wododo resmi menerima Pataka Korps Brimob Polri dari Komjen Pol Anang Revandoko di Lapangan Makp Brimob Polri, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Jum'at (20/10/2023).

Adapun upacara penyerahan Pataka Korps Brimob Polri itu, merupakan rangkaian serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Korp Brimob Polri dari Komjen Anang kepada Irjen Imam usai dilantik oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

Usai menerima Pataka, Irjen Imam mengaku bakal meneruskan kebijakan yang sebelumnya telah dibuat oleh Komjen Anang di tubuh pasukan elite Polri tersebut.

Baca juga: Profil Irjen Imam Widodo, Komandan Korps Brimob Polri Baru Pengganti Komjen Anang Revandoko

"Saya sebagai komandan yang baru meneruskan daripada pejabat yang lama Dankor yang lama jadi tidak ada perubahan," kata Imam kepada wartawan.

Imam menyebutkan bahwa salah satu hal yang akan dirinya teruskan yakni mengenai pengamanan Pemilu 2024 mendatang.

Dirinya mengakui bakal mengerahkan pasukannya dari tingkat pusat hingga daerah guna fokus mengamankan jalannya pesta demokrasi 5 tahunan tersebut.

"Kita fokus untuk menciptakan situasi yang aman terutama situasi negara yang sedang melaksanakan pesta demokrasi yaitu Pemilu," ujarnya.

"Dimana Korps Brimob Polri dari tingkat pusat sampai dengan daerah kita akan bersatu padu dengan semua komponen yang ada untuk ciptakan situasi kondusif," sambungnya.

Adapun dalam upacara penyerahan Pataka itu dihadiri oleh sejumlah pejabat di lingkungan Polri dan TNI.

Sejumlah pejabat yang hadir diantaranya Irwasum Polri Komjen Ahmad Dofiri, Pangdam Jaya Mayjen Mohammad Hassan dan Dankor Marinir Mayjen Nur Alamsyah.

Baca juga: Keluarga Bharada E Disebut sudah Dalam Pengawasan Korps Brimob, LPSK: Kami Ikut Koordinasi

Sebelumnya diberitakan, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melantik Irjen Imam Widodo menjadi Komandan Korps (Dankor) Brimob Polri.

Upacara pelantikan itu dilaksanakan pada Rabu (18/10/2023) kemarin di Gedung Rupatama, Mabes Polri.

"Iya betul, serah terima jabatan Dankor Brimob. Dipimpin Kapolri dan dihadiri seluruh PJU," kata Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi lewat pesan singkat, Kamis (19/10/2023).

Melalui pelantikan ini, Imam resmi meninggalkan jabatan sebelumnya sebagai Wakil Dankor Brimob. Ia ditunjuk Sigit menggantikan Komjen Anang Revandoko yang memasuki masa pensiun.

Selain itu, Dedi mengatakan pelantikan tersebut juga dilakukan untuk lima kapolda yang baru saja dirotasi. 

Baca juga: Perkuatan Korps Brimob Polri, 36 Ribu Personel Bakal Ditempatkan di Tiga Satker Baru

Mereka adalah Irjen Imam Sugianto sebagai Kapolda Jawa Timur, Irjen Nanang Avianto sebagai Kapolda Kalimantan Timur, Irjen Djoko Poerwanto sebagai Kapolda Kalimantan Tengah.

Selanjutnya, Sigit juga turut melantik Irjen Tornagogo Sihombing sebagai Kapolda Bangka Belitung, dan Irjen Yan Sultra sebagai Wakil Inspektur Pengawasan Umum.

Sementara itu, untuk jabatan Kapolda Banten yang kini dijabat oleh Irjen Rudy Heriyanto dengan digantikan oleh Brigjen Abdul Karim masih belum dilakukan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat