androidvodic.com

Standar Mutu Pengelolaan Bangunan Pemerintahan di IKN Jadi Perhatian Serius - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) memiliki peran kunci dalam mewujudkan visi negara yang mencerminkan identitas bangsa.

Direktur Pengelolaan Gedung, Kawasan dan Perkotaan IKN Desiderius Viby Indrayana menyampaikan, pengembangan KIPP di IKN, bukan hanya membangun struktur fisik, tetapi juga menciptakan standar mutu layanan, operasional, dan pemeliharaan bangunan pemerintahan yang terbaik.

"Proyek ini bertujuan untuk membentuk standar mutu layanan, operasional, dan pemeliharaan bangunan gedung pemerintah di KIPP IKN yang akan menjadi pedoman bagi semua pihak terkait," kata Viby, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/10/2023).

Viby menjelaskan, sasaran dari kegiatan ini mencakup pembentukan draft final, terkait standar mutu layanan bangunan gedung pemerintah yang akan mendukung pembangunan yang pintar, hijau, dan berkelanjutan.

"Perlunya segera dibuat standar atau pedoman untuk pengelolaan gedung mulai level of service, tata cara pengadaan pengelola gedung dan kawasan karena tahun 2024 sudah ada bangunan yang selesai proses pembangunannya," ujar Viby.

Penerima manfaat dari kegiatan ini termasuk Otorita IKN yang akan mendapatkan panduan standar mutu layanan bangunan gedung pemerintah di KIPP IKN.

Kemudian, panduan teknis untuk operasional dan pemeliharaan bangunan gedung pemerintah, serta pengelola dan pengguna gedung pemerintah untuk mendapatkan layanan operasional dan pemeliharaan yang berkualitas. Pihak terkait lainnya, termasuk kontraktor, konsultan, vendor, serta mitra.

KIPP di IKN bukan hanya sekadar pusat pemerintahan, ini adalah wujud dari keberlanjutan Ibu Kota baru.

Bagian integral dari KIPP IKN melibatkan bangunan penting seperti Kantor Kementerian Koordinator, Rumah Tapak Jabatan Menteri, dan Hunian Pekerja Konstruksi.

Selain itu, setiap bangunan ini harus menjalani proses perencanaan dan pembangunan yang teliti dan cermat, memenuhi standar teknis yang ketat, serta memberikan kontribusi positif bagi pembangunan nasional.

"Setiap bangunan gedung negara harus diwujudkan dengan sebaik-baiknya, sehingga mampu memenuhi secara optimal fungsi bangunannya, andal, dan dapat menjadi teladan bagi lingkungannya, Ini adalah tahap penting dalam memastikan bahwa KIPP IKN berkembang menjadi lingkungan smart, hijau, dan berkelanjutan," kata Deputi Sarana dan Prasarana IKN Silvia Halim.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat