androidvodic.com

Dukung Program Kampung Iklim 2023, Pabrik Danone-AQUA di Subang dan Wonosobo Terima Penghargaan - News

News - Dua pabrik Danone-AQUA berhasil mendapatkan penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. 

Adapun dua pabrik Danone-AQUA tersebut berlokasi di Subang dan Wonosobo dan meraih penghargaan berkat keberhasilannya dalam memenuhi 10 kriteria perusahaan yang mendukung ProKlim 2023

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, di Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jakarta, Selasa (24/10/2023). 

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar mengatakan, “Dampak perubahan iklim saat ini bisa dirasakan secara masal. Tidak hanya Indonesia, tetapi juga oleh dunia. Krisis iklim telah menjadi masalah yang sangat genting dan perlu menjadi perhatian seluruh negara. Perubahan iklim telah memicu berbagai bencana, seperti banjir, kekeringan, panas ekstrem atau gelombang panas, hingga gagal panen.”  

“Semoga dengan apresiasi yang diberikan oleh KLHK ini menjadi pemicu semangat untuk tetap bekerja dan berjuang untuk kepentingan masyarakat, bangsa, negara, dan dunia dalam menghadapi tantangan perubahan iklim yang semakin berat,” tambah Siti. 

Baca juga: Luncurkan Kampanye PikirinDulu, Danone-AQUA Ajak Generasi Muda Bangun Conscious Consumption

Sebagai informasi, Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program nasional yang dikelola oleh KLHK dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan para pemangku kepentingan. Adapun program ini diinisiasi guna melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca. 

Tak hanya itu, program yang telah dimulai sejak 2012 ini pun hadir guna memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan dan dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah. 

Memasuki tahun ke-12, ProKlim 2023 yang mengusung tema “Bergerak Bersama Turunkan Gas Rumah Kaca” memberikan penghargaan kepada 169 institusi yang terdiri dari pemerintahan desa sampai daerah, lembaga, yayasan, dan perusahaan yang mendukung kegiatan ProKlim 2023

Di tahun 2023, jumlah lokasi kampung iklim baru di Indonesia bertambah menjadi 2.490  desa, yang tersebar di 36 provinsi dan 347 kabupaten/kota yang telah terdaftar secara resmi di Sistem Registrasi Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN PPI). 

KLHK sendiri memiliki target terbentuknya 20.000 kampung iklim pada 2024 mendatang.  Pelaksanaan ProKlim ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo terkait perlunya mobilisasi potensi masyarakat dalam mengendalikan lingkungan iklim. 

Baca juga: BRIN dan Danone-Aqua Perluas Kerja Sama Perhitungan Dampak Konservasi Air

ProKlim dan Danone-AQUA berikan manfaat bagi warga setempat

Sustainable Development Supervisor PT Tirta Investama Wonosobo, Thor-if menerima piagam Penghargaan Pendukung Proklim 2023 yang diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, di Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jakarta, Selasa (24/10/2023).
Sustainable Development Supervisor PT Tirta Investama Wonosobo, Thor-if menerima piagam Penghargaan Pendukung Proklim 2023 yang diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, di Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jakarta, Selasa (24/10/2023). (Istimewa)

Kepala Pabrik Danone-AQUA Wonosobo Mohammad Sunarno mengatakan, sejak 2016 Danone-AQUA telah mendampingi ibu-ibu dari Kelompok Wanita Tani di Kampung Wisata Sayur Blederan untuk mengembangkan pertanian di pekarangan rumah mereka. 

Selain keuntungan ekologis dari sisi konservasi, lanjut Sunarno, secara ekonomis hal ini juga bisa melengkapi kebutuhan keluarga. Bahkan, guna memperluas jangkauan, kegiatan ini direplikasi di Kelurahan Kejiwan, Dusun Ganduran, dan Desa Mlandi hingga saat ini. 

“Apresiasi ProKlim Utama dan Lestari dari KLHK ini menjadi penyemangat tidak hanya kepada pemangku kepentingan, tetapi juga kami sebagai pihak swasta untuk terus bergerak memberi manfaat bersama masyarakat,” jelas Sunarno. 

Baca juga: Bangun Kepedulian Sosial dan Lingkungan, Generasi Muda Ikuti Kampanye PikirinDulu Danone-AQUA

Sementara itu, Senior External Relation Manager Danone-AQUA untuk Wilayah Jawa Barat (Jabar) Murtijo Utomo menjelaskan, “Untuk pabrik Danone-AQUA Subang saat ini telah ikut serta dalam mendukung dan mendampingi enam desa di Kabupaten di Subang, baik dalam sisi organisasi, penyusunan dokumen di tingkat desa, pelaksanaan program konservasi (sumur resapan, rorak, penanaman) dalam mendukung mitigasi perubahan iklim, serta pendampingan kelompok dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan pendukung ProKlim. Inisiatif pendampingan ini sudah kami lakukan untuk dimulai sejak tahun 2015 yang lalu.” 

Melalui dukungan terhadap ProKlim, Danone-AQUA membuktikan komitmennya dalam kinerja lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG), serta ikut berperan dalam mengatasi perubahan iklim. 

Untuk memitigasi tantangan perubahan iklim, Danone-AQUA pun menerapkan berbagai strategi keberlanjutan dalam kegiatan operasionalnya guna berperan aktif dalam mengurangi emisi karbon dan meminimalisir pelepasan karbon ke udara menuju karbon netral (Zero Nett Carbon) pada 2050 mendatang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat