androidvodic.com

Profil Jenderal Dudung Abdurachman, Mantan KSAD Diisukan Jadi Kepala BIN - News

News - Berikut ini profil Jenderal Dudung Abdurachman yang diisukan ditunjuk sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Isu itu muncul setelah Dudung meninggalkan posisinya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang digantikan oleh wakilnya, Letjen Agus Subiyanto, Rabu (25/10/2023).

Diketahui, jenderal yang memasuki masa pensiun pada November 2023 ini mengaku belum tahu mengenai isu yang beredar bahwa dirinya ditunjuk sebagai Kepala BIN.

Lantas, siapa sosok Jenderal Dudung Abdurachman?

Baca juga: VIDEO Jokowi Lantik Agus Subiyanto Jadi KSAD Gantikan Jenderal Dudung Abdurachman: Berikut Sosoknya

Profil Jenderal Dudung Abdurachman

Jenderal Dudung Abdurachman lahir pada 19 November 1965 di Bandung, Jawa Barat.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman usai Launching E-Stuntad dan E-Posyandu di Mabesad Jakarta pada Selasa (5/9/2023).
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman usai Launching E-Stuntad dan E-Posyandu di Mabesad Jakarta pada Selasa (5/9/2023). (News/Gita Irawan)

Pria lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1988 ini merupakan putra dari Nasuha dan Nasyati yang memiliki pekerjaan PNS di lingkungan Bekangdam III/Siliwangi.

Dudung memiliki tujuh bersaudara dan kehidupan masa kecilnya berada di Bandung.

Mantan KSAD ini memulai pendidikannya di SDN Patrakomala, Bandung di tahun 1972-1979.

Kemudian, Dudung melanjutkan sekolahnya di SMP Kartika XIX-1 Bandung hingga tahun 1982, dan masuk ke SMAN 9 Bandung tahun 1985.

Setelah lulusa SMA, jenderal bintang empat ini memilih untuk mendaftar Akmil dan dinyatakan lolos.

Dudung pun mengikuti pendidikan Akmil hingga dinyatakan menjadi lulusan tahun 1988-B yang berasal dari kecabangan infanteri.

Dengan pangkat pertamanya Letnan Dua (Letda), Dudung pun menduduki jabatan strategis seperti menjadi Komandan Pleton (danton).

Karirnya pun terus meningkat hingga akhirnya Dudung melanjutkan pendidikan ke Sarjana (S1) di tahun 2010, saat itu pangkatnya Kolonel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat