androidvodic.com

20 Quotes Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023 dari Tokoh Dunia, Ada Soekarno dan Mohammad Hatta - News

News - Berikut ini quotes untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2023.

Sejarah Hari Sumpah Pemuda bermula dari hasil rapat Kongres Pemuda ke-2 pada 28 Oktober 1928 di gedung Oost Java Bioscoop.

Pada hari itu, teks Sumpah Pemuda dibacakan dan lagu Indonesia Raya untuk pertama kali diperdengarkan, seperti dijelaskan oleh laman Museum Sumpah Pemuda.

Hari Sumpah Pemuda menjadi peringatan untuk selalu menjaga persatuan meski berasal dari daerah yang berbeda.

Bagi Anda yang ingin merayakan Hari Sumpah Pemuda dapat menggunakan quotes tokoh-tokoh di bawah ini.

Baca juga: Link Download Spanduk hingga Logo Hari Sumpah Pemuda 2023

1. "Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia." - Ir Sukarno.

2. "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri." - Ir Sukarno.

3. "Kalian pemuda, kalau kalian tidak punya keberanian, sama saja dengan ternak karena fungsi hidupnya hanya beternak diri." - Pramoedya Ananta Toer, Penulis dan Sastrawan Indonesia.

4. "Ikrarkanlah ikrar sumpah pemuda dengan hati dan anggota badan yang akan menjadi bukti dan raihlah kemerdekaan Indonesia yang sejati." - Ir Sukarno.

5. "Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan bicaralah seperti orator" - Hos Tjokrominoto.

Petugas membersihkan pajangan diorama di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (27/10/2021). Museum dengan koleksi foto dan benda-benda bersejarah dalam pergerakan nasional tersebut berbenah menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Petugas membersihkan pajangan diorama di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (27/10/2021). (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Baca juga: Contoh Susunan Upacara Bendera Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023

6. "Makin redup idealisme dan heroisme pemuda, makin banyak korupsi." - Soe Hok Gie, Aktivis.

7. "Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan untuk dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita." - Mohammad Hatta.

8. "Pattimura-Pattimura tua boleh dihancurkan, tetapi kelak Pattimura-Pattimura muda akan bangkit." - Kapitan Pattimura.

9. "Dunia adalah tempat yang berbahaya untuk hidup, bukan karena orang-orang yang jahat, tapi karena orang-orang yang tidak berbuat apa-apa." - Albert Einstein.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat