androidvodic.com

Wapres Ma'ruf Amin Apresiasi Peran Tribun Network Entaskan Stunting - News

News - Wakil Presiden KH Maruf Amin memberikan apresiasi kepada Tribun Network, Kelompok Kompas-Gramedia dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dalam perannya membantu pengentasan stunting dan kemiskinan ekstrem  di Indonesia melalui gerakan Bersama Entaskan Stunting (BERES).

Wapres mencanangkan “Inisiatif Gotong Royong untuk Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem' yang diselenggarakan di Menara Kompas, Jakarta, Kamis (26/10/2023).

Kegiatan itu atas kerja sana Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dengan Tribun Network dan Kompas Gramedia.

Pada kesempatan itu, Ma'ruf Amin memberikan arahan kepada para pemangku kepentingan dalam pengentasan stunting.

Baca juga: Kontribusi CIMB Niaga Syariah Tangani Stunting di Indonesia: Gotong Royong jadi Kunci

Langkah pertama, adalah melakukan program stunting yang saling melengkapi apa yang sedang dijalankan Pemerintah.

"Koordinasikan secara intensif dengan Kementerian Lembaga Teknis dan juga Pemerintah Daerah untuk menghindari tumpang tindih antarprogram," ucap Maruf.

Langkah kedua yang perlu dilakukan, adalah melakukan program di lokasi prioritas yang tinggi prevalensi stuntingnya atau jumlah anak stuntingnya.

Menurut Ma'ruf, langkah ini agar dapat membantu menurunkan prevalensi secara signifikan dan tepat sasaran.

"Ketiga, program berbentuk aksi nyata yang menyasar langsung pada kelompok sasaran prioritas, sehingga manfaatnya dirasakan langsung oleh kelompok tersebut," tutur Maruf.

Keempat, tempatkan penerima manfaat dan pelaku di tingkat masyarakat sebagai pelaku utama pelaksanaan program.

"Libatkan mereka dalam setiap tahapan pelaksanaan, sehingga muncul rasa memiliki dan kebanggaan dari masyarakat," kata Maruf.

Wakil Presiden KH Maruf Amin mencanangkan “Bersama Entaskan Stuntin (Beres) - Inisiatif Gotong Royong untuk Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem' yang diselenggarakan di Menara Kompas, Jakarta, Kamis (26/10/2023). Kegiatan itu atas kerja sana Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dengan Tribun Network dan Kompas Gramedia. Rangkaian acara juga diisi antara lain dengan pemberian Penghargaan Akselerator Penurunan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem dari Tribun Network kepada beberapa kepala daerah, dan mitra swasta. (Tribun Network/Irwan Rismawan)
Wakil Presiden KH Maruf Amin mencanangkan “Bersama Entaskan Stuntin (Beres) - Inisiatif Gotong Royong untuk Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem' yang diselenggarakan di Menara Kompas, Jakarta, Kamis (26/10/2023). Kegiatan itu atas kerja sana Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dengan Tribun Network dan Kompas Gramedia. Rangkaian acara juga diisi antara lain dengan pemberian Penghargaan Akselerator Penurunan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem dari Tribun Network kepada beberapa kepala daerah, dan mitra swasta. (Tribun Network/Irwan Rismawan) ((Tribun Network/Irwan Rismawan))

Kelima, strategi keberlanjutan mesti disusun sejak awal pelaksanaan program, sehingga masyarakat bersama Pemda dapat melanjutkan inisiatif yang baik ini.

"Akhir kata, saya berharap semua program dan kerja sama yang terjalin akan terlaksana secara efektif, tepat sasaran, dan berkelanjutan," tutur Maruf.

"Mari terus lanjutkan sinergi untuk menurunkan prevalensi, menciptakan generasi emas 2045, dan wujudkan Indonesia bebas stunting," tambah Maruf.

Pada Pencanangan Inisiatif Gotong Royong untuk Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem, turut diberikan penghargaan kepada sejumlah kepala daerah yang berhasil melakukan pengentasan stunting.

Tribun Network memberikan Penghargaan Akselerator Penurunan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem dari Tribun Network kepada beberapa kepala daerah, dan mitra swasta.


Wakil Presiden KH Maruf Amin. Maruf Amin memberikan apresiasi terhadap Tribun Network, Kelompok Kompas-Gramedia dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) dalam perannya membantu pengentasan stunting di Indonesia melalui gerakan Bersama Entaskan Stunting (BERES). Pencanangan BERES dilakuakn di studio Kompas TV, Menara Kompas, Jakarta, Kamis (26/10/2023).
Wakil Presiden KH Maruf Amin. Maruf Amin memberikan apresiasi terhadap Tribun Network, Kelompok Kompas-Gramedia dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) dalam perannya membantu pengentasan stunting di Indonesia melalui gerakan Bersama Entaskan Stunting (BERES). Pencanangan BERES dilakuakn di studio Kompas TV, Menara Kompas, Jakarta, Kamis (26/10/2023). (News/Domu D. Ambarita)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat