androidvodic.com

Cegah Stunting, Lembaga Amil Zakat Berperan Bantu Tumbuh Kembang Anak - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Berdasarkan data tahun 2022 dari Kementerian Kesehatan, angka kasus stunting di Indonesia masih mencapai 21,6 persen.

Prevalensi stunting ini masih berada di atas standar maksimum dari WHO yaitu 20%.

Upaya pencegahan meningkatnya kasus stunting di Indonesia merupakan langkah prioritas yang perlu diupayakan oleh semua pihak, termasuk Lembaga Amil Zakat.

Dalam upaya pencegahan meningkatnya prevalensi stunting di Indonesia, Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB) mengadakan kegiatan Cegah Stunting yang berlokasi di Graha Cerdas Mandiri, Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Lembaga Amil Zakat Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (LAZ YBKB) telah mengadakan survei dan kunjungan ke kelurahan Gedong, kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, dan menemukan setidaknya tercatat 12 kasus stunting.

"Kami percaya setiap anak berhak mendapatkan akses nutrisi yang baik, terlebih anak-anak yatim dhuafa. Dengan kegiatan ini, kami berharap bisa membantu mencegah dan mengatasi stunting, serta mendukung masa depan mereka yang lebih cerah," ujar Direktur Utama LAZ YBKB, Heris Bimo Cahyoadi, melalui keterangan tertulis, Senin (30/10/2023).

Kunjungan door to door ini dihadiri oleh Direktur Utama LAZ YBKB Heris Bimo Cahyoadi, Camat Pasar Rebo Mujiono, dan Lurah Gedong Nunung Siti Cholimah.

Data yang ditemukan saat kunjungan ini belum termasuk anak dengan gizi buruk, yang terancam berada dalam kondisi stunting jika tidak ada langkah penanggulangan gizi buruk.

"Kami sangat menghargai inisiatif dan bantuan yang diberikan oleh LAZ YBKB. Pendidikan mengenai gizi dan nutrisi sangat penting bagi masyarakat kami. Dengan kerjasama ini, kami optimistis angka stunting di kelurahan Gedong akan menurun," tutur Lurah Gedong Nunung Siti Cholimah.

Penyebab stunting terjadi dikarenakan tingkat ekonomi keluarga yang kurang memungkinkan dalam penyediaan kebutuhan makanan dengan nutrisi dan gizi seimbang.

Kurangnya pengetahuan orang tua mengenai kebutuhan gizi anak pun menjadi sebab utama lainnya.

Selain itu, LAZ YBKB turut memberikan bantuan Nasi Box Bergizi, Sembako Bergizi, dan Bantuan Dana Kesehatan.

Caption: Pemberian bantuan untuk warga dalam pencegahan stunting di Kelurahan Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat