androidvodic.com

Cerita Quraish Shihab: Benih-benih Dirinya Mencintai Al Quran Ditanamkan oleh Sang Ayah - News

Laporan Wartawan News Rahmat W. Nugraha

News, JAKARTA - Cendekiawan muslim Quraish Shihab mengungkapkan benih-benih dirinya mencintai Al-Quran ditanamkan oleh Sang Ayah Abdurrahman Shihab.

Meski Habib Abdurrahman, ayah tercintanya yang telah menamakan kecintaannya terhadap Al-Quran.

Ahli Tafsir al-Qur’an lulusan Universitas Al Azhar ini menyebutkan bahwa karyanya Tafsir Al-Mishbah selesai setelah ayah tercintanya tiada.

"Tafsir Al-Mishbah ini selesai setelah habib meninggal. Tetapi yang jelas menanamkan kecintaan kepada Alquran itu adalah orang tua saya," cerita Quraish Shihab pada peluncuran aplikasi tafsir Al-Quran, Tafsir Al-Mishbah di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Selasa (31/10/2023).

Kemudian diungkapkannya banyak sekali petuah-petuah yang disampaikan ayah tercintanya kepada dirinya yang berkaitan dengan Al Quran.

Baca juga: Rayakan Kemerdekaan Indonesia, Ribuan Umat Islam Baca Al-Quran di Masjid Istiqlal

"Sekian banyak petuah-petuahnya yang selalu terngiang-ngiang ketika menulis, sebelum menulis atau setelah menulis banyak berkaitan dengan Al quran," sambungnya.

Dari petuah-petuah tersebut Quraish Shihab menuturkan ternyata berasal dari pesan-pesan ulama-ulama terdahulu.

"Misalnya seringkali beliau berkata baca Alquran seakan-akan Tuhan bercakap-cakap denganmu. Jadi ketika membaca Tuhan sedang bercakap dengan saya, apa maksudnya. Itu salah satu pesannya yang selalu terngiang-ngiang," lanjutnya.

Sehingga kecintaan terhadap Alquran itu mungkin benihnya dari sana, terang Quraish Shihab.

Kemudian ia menceritakan petuah dari sang ayah yang sampai ini masih diingatnya.

"Beliau berkata kalau kamu setengah-setengah itu banyak yang sama. Tidak usah menguasai semua, tidak usah memahami segala macam ilmu. Cukup kamu konsentrasi kepada satu. Tetapi hendaklah kamu menjadi yang terbaik," ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat