androidvodic.com

Jenderal Agus Subiyanto Ungkap Pesan Jokowi yang Usulkan Dirinya Jadi Calon Tunggal Panglima TNI - News

Laporan wartawan News, Fahmi Ramadhan

News, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto mengungkap pesan Presiden Joko Widodo usai dirinya diusulkan sebagai calon tunggal Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono.

Agus mengatakan, bahwa Presiden Jokowi berpesan kepadanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan tetap menjalankan program pemerintah.

"Ya kami akan bantu masyarakat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, membantu program pemerintah tentunya," ujar Agus saat ditemui di Taman Pancasila, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (1/11/2023).

Meski begitu, saat ini Agus mengaku masih fokus menjalankan tugasnya sebagai pimpinan tertinggi di Angkatan Darat.

"Nanti lah, kan belum jelas. Yang jelas sekarang saya masih kosentrasi menjadi Kasad, matra darat," kata Agus kepada wartawan di Taman Pancasila, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (1/11/2023).

Bahkan Agus yang baru menjabat sebagai Kasad Minggu 27 Oktober 2023 lalu menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman masih memiliki keinginan mengubah internal di TNI AD.

Salah satunya yakni perihal doktrin yang selama ini dianut oleh prajurit angkatan darat, sebab menurutnya doktrin yang dijalankan selama ini masih doktrin lama.

"Kalau di Angkatan Darat sendiri saya akan merevisi doktrin, karena doktrin-doktrin yang kami gunakan doktrin yang lama. Doktrin kami harus mengikuti banglistra (perkembangan lingkungan strategis) yang ada," ujarnya.

"Mungkin dulu mungkin beda, banglistra yang sekarang ada peperangan (non konvensional), itu menjadi referensi kita untuk mengubah doktrin," sambungnya.

Hanya saja ketika disinggung mengenai persiapannya saat jalani proses sebagai calon Panglima, Agus mengaku siap menjalani prosesnya.

"Iya InshaAllah, inshaAllah," pungkas Jenderal bintang 4 itu.

Baca juga: Ditunjuk Jokowi Jadi Calon Panglima TNI, Ini Kegiatan Jenderal Agus Subiyanto 6 Hari Jabat KSAD

Diumumkan Ketua DPR

Sebelumnya, Ketua DPR RI, Puan Maharani mengumumkan calon tunggal panglima TNI yang diusulkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto.

Puan menyatakan bahwa hal tersebut diketahui saat menerima surat presiden (surpres) mengenai pergantian Panglima TNI. Sebab, Laksamana Yudo Margono akan segera pensiun pada akhir November 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat