androidvodic.com

Komisi I DPR RI Jadwalkan Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Sebelum Tanggal 21 November 2023 - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid membeberkan jadwal uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI.

Kata Meutya, saat ini Komisi I masih menunggu surat presiden (supres) terhadap penunjukan Agus sebagai Panglima TNI itu dibahas di Badan Musyawarah (Bamus) DPR RI.

"Fit and proper ditunggu dan penugasannya belum sampai ke Komisi I, masih di Bamus. Jadi apa artinya kan pada prinsipnya kita punya waktu 21 hari, jadi gak mungkin lewat tanggal 21 gitu ya. Tapi sebelumnya mungkin," kata Meutya kepada awak media di Gedung Nusantara Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (1/11/2023).

Meutya menegaskan sejatinya pembahasan itu tidak lebih dari 21 sejak supres dikirimkan ke DPR RI.

Dengan begitu kata Meutya, sebelum tanggal 21 November nanti, fit and proper test terhadap Jenderal TNI Agus Subiyanto akan dilakukan paling lambat tanggal 21 November nanti.

Baca juga: Jenderal Agus Subiyanto Dijadwalkan Jalani Fit And Proper Test Calon Panglima TNI, 14 November 2023

Kata dia, saat ini Komisi I ada dalam kapasitas menunggu pembahasan yang dilakukan oleh Bamus untuk nantinya dibawa ke rapat paripurna.

"Kurang lebih seperti itu, tapi kita lihat perkembangannya. Kalau dari pimpinan DPR nanti turunkan lebih cepat, kita bisa buat lebih cepat gitu ya," kata dia.

"Intinya adalah sebelum 21 ini sudah harus selesai di DPR sudah dibawa ke Paripurna DPR," tukas Meutya.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto mengaku pihaknya akan loyal kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal tersebut setelah dirinya direkomendasikan menjadi calon Panglima TNI tunggal oleh Jokowi.

"Saya sih loyal kepada Panglima tertinggi saya, Presiden," ujar Jenderal Agus saat ditanya perasaan diusulkan menjadi calon Panglima TNI tunggal oleh Jokowi ketika ditemui di rumah sakit tingkat III Salak Sadjiman di Bogor, Jawa Barat pada Rabu (1/11/2023) pagi.

Agus pun mengungkit bahwa dirinya siap untuk ditempatkan di mana saja selama berdinas menjadi prajurit TNI. Bahkan, tidak jarang dirinya juga ditempatkan di daerah konflik.

"Karena sebelum di sini pun, saya ditempatkan dimana saja, pernah di tim-tim. Saya dulu menyelesaikan sampai 1999 terkahir di sana, kemudian di Poso juga. Jadi saya sebagai prajurit siap ditempatkan dimana saja," katanya.

Oleh sebab itu, Agus mengaku siap menjalani proses uji kemampuan dan kelayakan atau fit and proper test menjadi calon Panglima TNI yang bakal diselenggarakan DPR RI.

Terkait hal ini, Ia mengaku akan membawa prajurit TNI yang profesional di bawah komandonya.

"Kita akan buat prajurit yang profesional ril profesional," pungkasnya.

-

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat