androidvodic.com

Cuaca Besok - BMKG: Sebanyak 21 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat pada Selasa, 7 November 2023 - News

News - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem besok, Selasa (7/11/2023).

Dilansir laman resmi BMKG, bibit siklon tropis 94W terpantau di perairan utara Papua Barat dan sirkulasi siklonik terpantau di perairan utara Kalimantan yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Selat karimata hingga Kalimantan Utara.

Daerah konvergensi lainnya memanjang di Sumatra Barat, di Sumatra Selatan, dari Jawa Timur hingga Jawa Barat, dari Sulawesi tenggara hingga Teluk Tomini, dari Laut Sulawesi hingga Sulawesi Utara, di Maluku, dan dari Papua Barat hingga Papua.

Baca juga: Peringatan Hari Tsunami Sedunia, BMKG: Penting untuk Ingatkan Masyarakat Khususnya Wilayah Pesisir

Sedangkan daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau berada di pesisir Timur Riau, Selat Karimata dan di perairan utara Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang dikutip dari bmkg.go.id:

Selasa, 7 November 2023

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

• Aceh

• Sumatera Utara

• Sumatera Barat

• Riau

• Bengkulu

• Jambi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat