androidvodic.com

BPJS Kesehatan Jadi Tuan Rumah JLN Collaborative Meeting - News

News - BPJS Kesehatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Joint Learning Network (JLN) Collaborative Launch Meeting di Jakarta, Kamis (09/11/2023).

JLN adalah komunitas praktisi dan pembuat kebijakan dari berbagai negara yang bertujuan untuk berbagi pengalaman, pengetahuan untuk mengembangkan sistem maupun sumber daya yang diharapkan mampu menjawab tantangan praktis reformasi sistem kesehatan untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC).

Komunitas JLN terdiri dari para pemimpin dari kementerian, lembaga pembiayaan kesehatan nasional dan lembaga pemerintah lainnya dari berbagai negara di Asia, Afrika, Eropa, Amerika Latin dan Timur Tengah.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti mengungkapkan penerapan digitalisasi layanan jaminan kesehatan yang sudah diterapkan BPJS Kesehatan menjadi perhatian banyak negara.

Baca juga: Terima Lima Penghargaan, BPJS Kesehatan Raih Prestasi Gemilang pada Stellar Workplace Award 2023

Oleh karenanya, melalui Komunitas JLN pembelajaran terkait digitalisasi kesehatan diharapkan dapat terus dikembangkan di tiap-tiap negara peserta JLN menjawab perkembangan tekbnologi digital dunia

"Kami berharap kolaborasi dalam hal digitalisasi kesehatan dapat memberikan dampak nyata dan signifikan untuk diterapkan di negara-negara peserta kegiatan ini,” kata Ghufron.

Ghufron menjelaskan, peningkatan kualitas pelayanan peserta JKN menjadi fokus utama dalam penyelenggaraan layanan BPJS Kesehatan, sejalan dengan upaya BPJS Kesehatan melakukan Transformasi Mutu Layanan yang Mudah, Cepat, Setara.

Guna mewujudkan hal tersebut, tentunya memerlukan dukungan dari berbagai aspek, dan salah satu aspek yang memegang peranan penting adalah aspek digitalisasi dalam pelayanan peserta JKN.

BPJS Kesehatan telah mengembangkan berbagai inovasi dan terobosan berbasis teknologi informasi untuk mendukung pelaksanaan Program JKN.

Berbagai terobosan pelayanan kesehatan berbasis teknologi informasi yang dikembangkan BPJS Kesehatan diharapkan dapat berdampak pada kualitas layanan, penguatan sarana dan prasarana, serta perubahan budaya dan perilaku masyarakat di era digitalisasi.

Baca juga: Transformasi Digital BPJS Kesehatan Menarik Perhatian Berbagai Negara

"Manfaat digitalisasi layanan diharapkan memberikan dampak signifikan terhadap kualitas layanan, meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas layanan kesehatan, serta menyelaraskan upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” kata Ghufron.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional Agus Suprapto mengungkapkan integrasi digitalisasi kesehatan di Indonesia saat ini terus berkembang. Pengembangan digitalisasi kesehatan tidak lepas dari peran BPJS Kesehatan, misalnya dalam pengembangan berbagai kemudahan layanan kesehatan bagi masyarakat seperti telemedicine dan telekonsultasi.

Sementara itu, Achim Schmillen, World Bank's Practice Leader for Human Development for Indonesia, mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini dan bagaimana Komunitas JLN sangat peduli terhadap perkembangan digitalisasi kesehatan.

Baca juga: BPJS Kesehatan Jadi Destinasi Puluhan Delegasi Asing Pelajari Program JKN

Sebagai informasi, penyelenggaraan JLN Collaborative Launch Meeting merupakan hasil kolaborasi antara BPJS Kesehatan bersama sejumlah pihak yakni World Bank Digital Health team, Bill and Melinda Gates Foundation, Gates Ventures, Johns Hopkins University Digital Health Exemplars, McKinsey Health Institute, eHealth Labs Ethiopia, and the Indian Institute of Health Management Research. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat