androidvodic.com

Prabowo Resmikan Rumah Sakit di Timika Papua, Lahan yang Dihibahkan dari Suku Kamoro - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, TIMIKA - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto meresmikan rumah sakit (RS) Tingkat IV Timika Papua pada Jumat (10/11/2023).

Nantinya, rumah sakit ini bisa digunakan oleh TNI maupun masyarakat sekitar Papua.

"Baru saja kita melihat selesainya dibangun rumah sakit tingkat IV Kesdam 17 Cendrawasih dan ini rumah sakit saya kira yang baru dibangun, di daerah Timika untuk kepentingan TNI tapi juga terbuka untuk seluruh rakyat sekitar sini," kata Prabowo dalam konferensi pers.

Eks Pangkostrad TNI itu menyebut hal tersebut merupakan tradisi dari TNI. Yakni, seluruh fasilitas TNI bisa digunakan jika diperlukan untuk kepentingan masyarakat sekitarnya.

Baca juga: Menhan Prabowo Tiba di Timika, Dijadwalkan Resmikan Rumah Sakit TNI di Papua

"TNI adalah tentara rakyat, berarti semua fasilitas TNI bilamana diperlukan akan dipergunakan untuk kebutuhan rakyat. Saya ucapkan terimakasih pada semua pihak yang memungkinkan rumah sakit ini berdiri dalam waktu singkat," katanya.

Prabowo pun mengucapkan terima kasih kepada Kapuskes Angkatan Darat, Kesdam Panglima Kodam dan semua jajarannya yang turut terlibat membangun RS tersebut. Termasuk, suku Kamoro yang menghibahkan tanahnya untuk negara.

"Saya ucapkan terima kasih kepada rakyat Kamoro, suku Kamoro, karena kalau tidak salah ini tanah disumbangkan dihibahkan oleh suku Kamoro untuk kepentingan pemerintah RI," katanya.

Prabowo menuturkan bahwa suku Kamoro memang telah setia dengan Indonesia sejak puluhan tahun. Bahkan, kata dia, kesetiaan suku tersebut tidak hanya sekadar di mulut.

"Mereka setianya tidak dimulut, setianya di hati, dan setianya mereka buktikan dengan menyumbang cukup besar ribuan hektar untuk pemerintahan republik Indonesia. Ini salah satu buktinya rumah sakit ini berdiri di atas tanahnya suku Kamoro," jelasnya

Rencananya, kata Prabowo, pembangunan rumah sakit terus menerus akan dilakukan. Hingga akhir tahun, nantinya akan diresmikan 26 rumah sakit yang bisa dipakai masyarakat.

"Jadi kita sasaran kita, cita-cita kita di setiap kabupaten harus ada rumah sakit yang modern, yang fasilitasnya cukup sehingga prajurit, ASN, dan rakyat tidak perlu jauh-jauh tapi ada pelayanan kesehatan dekat mereka. Ini cita-cita kita insyaallah," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat