androidvodic.com

Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Senin Besok, Dimulai Penyampaian Visi Misi Agus Subiyanto - News

News - Calon Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dijadwalkan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test pada Senin, 13 November 2023, besok.

Besok, fit and proper tes dimulai Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama Komisi I DPR RI terkait penyampaian visi misi Jenderal Subiyanto.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid.

"Kemudian RDPU atau penyampaian visi misi yang biasa disebut fit and proper test itu akan dilakukan hari Senin tanggal 13 November pagi. Jadi akan dimulai pagi dengan penyampaian visi misi kurang lebih 30 menit dilakukan secara terbuka," katanya, beberapa hari lalu.

Meutya menjelaskan, proses uji kelayakan itu dilaksanakan secara fleksibel.

Kegiatan tersebut, nantinya bisa dilakukan secara terbuka maupun tertutup.

Baca juga: Komisi I DPR: Syarat Administrasi Calon Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto Lengkap

"Nanti jikalau ada pendalaman yang mungkin menemukan kerahasiaan maka rapat akan ditutup, tapi dibuka dulu di awal untuk bisa diketahui publik semua apa visi misi dari calon panglima," jelasnya.

Meutya berharap, keputusan uji kelayakan terhadap Jenderal Agus bisa dapat diketok pada hari yang sama.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan verifikasi faktual ke kediaman pribadi calon panglima TNI.

"Abis dari situ komisi I DPR akan bersurat kepada pimpinan DPR, untuk kemudian disetujui di paripurna untuk jadwal di paripurnanya nanti di pimpinan DPR," ungkap Meutya.

Sementara itu, Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI mengaku memiliki persiapan khusus untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan di DPR RI.

Sebelumnya, Agus melakukan persiapan khusus terkait visi dan misi yang ia akan sampaikan di DPR nantinya.

Hal itu, disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang juga Calon Panglima TNI saat memimpin Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024 di Lapangan Silang Monas Jakarta pada Rabu (8/11/2023).

"Ya pasti ada ya, nanti mungkin ada visi dan misi yang mungkin akan saya sampaikan," ucapnya.

Menurutnya, visi dan misinya sebagai calon Panglima TNI dibuat untuk kebaikan TNI baik ke dalam organisasi maupun ke luar organisasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat