androidvodic.com

Sebulan Luhut Dirawat di Singapura, Soal Kapan Pulang ke Indonesia: Saya Sih Tergantung Dokter - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Setelah sebulan lebih dirawat di Singapore General Hospital, kondisi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan kini makin membaik.

Luhut mengungkapkan sudah melaporkan perkembangan kondisi terkininya ke Presiden Jokowi dan Presiden memintanya segera pulang ke Indonesia jika kondisinya benar-benar sudah pulih.

Soal kapan jadwal kembali ke Indonesia, Luhut mengatakan hal tersebut bergantung pada keputusan dokter. Selama menjalani perawatan di Singapura, ia terus ditemani oleh istri.

"Ya saya sih tergantung dokter saja. Karena istri saya sekarang berperan sangat-sangat penting dalam hidup saya," ungkap Luhut dalam pernyataannya di media sosial pribadinya, Sabtu (18/11/2023).

"Tapi semua langkah-langkah saya, saya laporkan Bapak Presiden. Dan Bapak Presiden memberikan arahan, 'Pak Luhut, upayakan sesempurna mungkin recovery-nya, baru kembali ke Jakarta" sambungnya.

Sementara, terkait kondisi kesehatan terkini, Luhut mengungkapkan bahwa semakin membaik. Sejumlah jenis latihan fisik telah dilakukan. Mulai dari berjalan kaki, angkat beban, hingga melakukan plank.

Baca juga: Dijenguk John Kerry, Menko Luhut Bangun Kerja Sama di Bidang Critical Minerals

"Saya sudah tiap hari jalan sekarang. ya bertahap, 1,5 sampai 2 kilometer. Saya tadi udah mulai angkat beban sedikit, ya sudah mulai sedikit plank juga tadi ya walaupun baru 15 detik," papar luhut.

Baca juga: Luhut Masih Jalani Perawatan di Rumah Sakit Singapura, Ini Kabar Terbaru dari Anak Buahnya

"Dokter juga memberikan program yang saya harus ikuti. Dan tangan saya juga sudah tidak ada lagi yang diapa-apain ini, gak ada jarum-jarum lagi. Jadi sudah bebas semua," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat