androidvodic.com

Akhir November, HIMNI Akan Bahas Wacana Pemekaran Nias Jadi Provinsi dengan Yasonna Laoly - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) mengajak masyarakat Nias untuk konsisten mendukung wacana pemekaran Nias menjadi provinsi tersendiri.

Wacana pemekaran wilayah ini nantinya akan dibahas lebih lanjut bersama Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) yang juga Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) HIMNI, Yasonna Laoly, dalam acara bertajuk 'Derap Kolaborasi Menuju Nias Pulau Impian' pada Sabtu, 25 November 2023 mendatang.

"Talk show ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat Nias konsisten, bersama, bergerak maju untuk mendukung kepulauan Nias menjadi provinsi," kata Sekjen HIMNI Otoli Zebua kepada wartawan, Rabu (22/11/2023).

Zebua menyebut pemekaran Nias menjadi provinsi sendiri dipandang jadi cara untuk terlepas dari jeratan daerah miskin dan tertinggal. Sehingga bisa bersaing dengan daerah lain khususnya kabupaten/ kota di Sumatera Utara.

Ia juga mengungkap beberapa urgensi yang jadi landasan Nias perlu menjadi provinsi tersendiri. Salah satunya, untuk memperpendek rentang kendali pemerintah, dan meningkatkan efektivitas pembangunan.

"Pertama, posisi kepulauan Nias yang ada di wilayah terluar Indonesia yang rentan dengan ancaman dari luar. Kedua, memperpendek rentang kendali pemerintahan. Ketiga, efektivitas pelaksanaan pembangunan," ucapnya.

Adapun dalam acara pada Sabtu (25/11) nanti, juga akan dilakukan pelantikan pengurus DPP HIMNI, dan diskusi yang dipandu oleh Anggota DPR RI sekaligus Sekretaris MPO HIMNI, Marinus Gea.

Kegiatan pelantikan badan pengurus lengkap DPP HIMNI merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Musyawarah Nasional ke-VI di Desa Bojihona, Kabupaten Nias pada 14 - 15 Juli 2023.

Sebagai informasi HIMNI merupakan organisasi yang menghimpun dan mempersatukan masyarakat Kepulauan Nias, sehingga terwujudnya kesatuan dan persatuan serta persaudaraan masyarakat Nias di seluruh Nusantara.

HIMNI didirikan pada tanggal 28 Januari tahun 2000, yang di gagas oleh beberapa Tokoh Ono Nias.

Baca juga: Pimpinan Komisi VI DPR Dorong Desa di Nias Dapat Teraliri Listrik

Berdasarkan hasil Munas ke-VI kepengurusan HIMNI 2023-2027 yakni Ketua MPO Yasonna Laoly; Sekretaris Marinus Gea dan Ketua Dewan Penasehat Dermawati Harefa. Kemudian, Ketua Umum DPP Ya'atulo Gulò, Sekretaris Jenderal Otoli Zebua.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat