androidvodic.com

Laksamana Yudo Margono Serahkan Panji TNI Tri Dharma Eka Karma Kepada Jenderal Agus Subiyanto - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Laksamana Yudo Margono menyerahkan Panji TNI Tri Dharma Eka Karma kepada Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panglima TNI di Mabes TNI Cilangkap Jakarta pada Rabu (22/11/2023).

Dengan demikian, Agus telah resmi menjabat sebagai Panglima TNI menggantikan Yudo yang akan memasuki masa pensiun dalam waktu dekat.

Selanjutnya, keduanya menandatangani naskah serah terima jabatan.

Baca juga: Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto akan Gunakan Smart Power dalam Upaya Pembebasan Pilot Susi Air

 
Dalam upacara Sertijab, Pasukan Upacara terdiri dari enam SSK (Satuan Setingkat Kompi) yaitu SSK I Pasukan Polisi Militer TNI, SSK II Koopsus TNI, SSK III Pasukan TNI AD, SSK IV Pasukan TNI AL, SSK V Pasukan TNI AU, dan SSK VI Pasukan PNS.

Selain itu, juga dari Kartika Symphony Orchestra Ditajenad. 

Komandan Upacara yang bertugas adalah Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan (Lulusan AAL 1999) yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Pangkalan TNI AL Palembang.

Sedangkan Perwira upacara yang bertugas yakni Kolonel Kavaleri Jeffri Pramono (Lulusan Akademi Militer, Tahun 2000) yang sehari-hari menjabat Asisten Operasi Komando Garnisun Tetap I/Jakarta.

Sejumlah Alutsista TNI juga dipamerkan sebagai latar upacara di antaranya Meriam Howitzer TNI AL, Panser V 150 TNI AD, Anoa PMPP, Mistral TNI AD, APC Turangga TNI AU, dan Oerlikon Skyshield.

Kegiatan dihadiri oleh sejumlah pejabat negara di antara yang tampak yakni Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Wakil Menteri Pertahanan M Herindra, dan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid.

Tampak hadir pula Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana (KSAL) Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, dan Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak.

Selain itu, tampak hadir juga sejumlah mantan Panglima TNI dari masa ke masa antara lain Wakil Presiden Ke-6 RI Jenderal (Purn) Try Soetrisno, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Jenderal TNI (Purn) Wiranto, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo, dan Menteri ATR/Kepala BPN Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto.

Baca juga: BREAKING NEWS: Presiden Jokowi Resmi Lantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI

Pada hari yang sama, dilaksanakan juga Sertijab Ketum Dharma Pertiwi dan IKKT PWA dari Veronica Yulis Prihayati Yudo Margono kepada Evi Sophia Indra Agus Subiyanto.

Acara dilanjutkan Acara Pisah Sambut dan Acara Tradisi.


Dilantik Presiden

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat